Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Buah Pisang

Buah pisang, selain lezat tentu kalian harus tahu beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan kalian. Apa saja manfaatnya? Baca disini ya. Siapa sih sekarang yang gak suka dengan buah ini? Tentu, bagi sebagian orang buah ini bisa dibilang tidak menyenangkan. Namun, beberapa daerah memakan pisang dengan cara yang berbeda. 

Sebagai contoh, di Manado ketika memakan buah yang warna kuning ini biasanya dimakan menggunakan sambal. Selain memiliki vitamin D yang cukup tinggi, beberapa buah pisang seperti pisang Ambon biasa dimakan dengan menggunakan kacang goren dibeberapa daerah.

7 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pisang

Dibalik itu semua, ternyata buah pisang mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan kalian lho. Apa saja? Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi buah pisang untuk kesehatan kalian:

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis berwarna kuning ini memiliki kandungan kalium yang tinggi tetapi rendah garam, sehingga sempurna untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi. Badan Obat dan Makanan US (FDA) mengizinkan produsen buah ini mengklaim pisang menurunkan risiko tekanan darah dan stroke.

Meningkatkan konsentrasi

Kemampuan belajar siswa yang makan buah pisang berwarna kuning seperti pisang ambon saat sarapan dan makan siang terpacu karena kandungan kalsium tinggi dalam pisang. Kalsium berfungsi membantu meningkatkan konsetrasi dan kewaspadaan.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung biasanya banyak yang menganggap dikarenakan oleh kopi. Sedangkan pisang memiliki efek antasid, sehingga bila merasa hati seperti terbakar, makan pisang akan meringankan rasa sakit. Makan pisang secara teratur dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40 persen.

Morning Sickness & Nyeri Haid

Memakan buah pisang di antara waktu makan besar dapat membantu menjaga kadar gula dan mencegah mual-mual pada wanita hamil. Selain itu juga, buah yang berwarna kuning seperti pisang ambon ini kaya vitamin D yang dapat mengurangi rasa nyeri saat haid pada wanita dan juga baik untuk tulang kalian.

Mengendalikan Suhu Tubuh

Pisang berfungsi sebagai makanan ‘pendingin’ yang memperbaiki kondisi fisik dan emosional ibu. Pisang dapat menurunkan suhu dalam kandungan dan membantu bayi lahir dengan suhu tubuh tidak tinggi.

Merokok

Buah yang berwarna kuning ini selain memiliki kandungan vitamin D, tingkat vitamin lainnya juga sangat tinggi. Tingkat vitamin C, A, B6, dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek racun nikotin untuk sebagian orang yang memiliki kebiasaan merokok.

Maag dan Luka Usus

Pisang mencegah maag dan luka akibat gangguan pencernaan karena tekturnya yang lembut. Pisang satu-satunya makanan yang membantu mengatasi ulkus over-kronis dan menetralisir iritasi pada bagian dalam perut.

Selain beberapa manfaat buah kuning yang satu ini, ada manfaat lain yang harus kalian ketahui juga. Beberapa diantaranya, dapat membantu mengatasi anemia dan sembelit. Kandungan zat besi pada buah pisang, dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

Selain itu, buah pisang juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kadar serat ini membantu menormalkan pencernaan dan membantu mengatasi sembelit tanpa obat-obatan laksatif yang justru kurang baik untuk tubuh kalian.

Bagi beberapa orang yang mengalami depresi dan stress, buah pisang ini dapat membantu meredakan hal tersebut. Ini disebabkan karena buah kuning yang satu ini mengandung mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah menjadi serotonin dalam tubuh untuk memberi rasa tenang, memperbaiki mood dan membuat bahagia.

Kandungan vitamin B yang tinggi, dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dengan kandungan potasiumnya yang tinggi. Itulah mengapa, banyak yang mengkonsumsi pisang saat mengalami stress dan membuat kita tidak dapat fokus terhadap suatu masalah.

Dari beberapa manfaat diatas, mana sih yang pernah kalian dengar mengenai buah pisang ini? Kalau menurut kalia baru tahu, jangan lupa dibagikan kepada teman-teman kalian ya tentang manfaat buah pisang bagi kesehatan kalian ini.