Beberapa Penyebab Alexa Rank Turun Dratis & Cara Mengatasinya!

Penyebab Alexa Rank Turun

Sebenarnya, apa saja penyebab alexa rank turun secara drastis? Masih banyak orang yang mengasumsikan traffic blog meningkat jika alexa rank kita meningkat pula, dan ada sebagian pakar yang menilai berdasarkan traffic kita bagus jika blog atau situs kita selalu berada di halaman pertama google. Masing-masing orang selalu berpikiran berbeda, tergantung kita saja menilainya bagaimana.

“kk, kok Alexa Rank saya selalu turun ya? Tidak pernah meningkat hari per harinya ?? ” ya, itu adalah pertanyaan yang sering ditanyakan kepada saya. Padahal, secara pribadi saya juga kurang paham betul dengan cara kerja dan apa penyebab alexa rank turun secara terus menerus. Namun, selidik punya selidik, saya ingin berbagi sedikit mengenai mengapa alexa rank selalu turun drastis?

Cara Menaikan Alexa Rank

Alexa rank sendiri menilai suatu website dengan mempertimbangkan jumlah pengunjung website tersebut. Tapi tidak hanya itu alexa juga mempertimbangkan rata-rata banyaknya halaman yang dibuka pengunjung. Jadi sebagai webmaster agar alexa rank kalian tidak turun terus menerus secara drastis, ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya:

Menurunkan Bounce Rate

Selain fokus bagaimana cara mendatangkan pengunjung ke blog atau website, kalian juga harus fokus bagaimana caranya agar pengunjung tersebut tidak segera keluar dari blog atau website yang kalian kelola melainkan membuka halaman lain yang sudah kalian buat.

Kelemahan dari alexa rank ialah alexa rank ini masih dapat dimanipulasi, karena cara kerjanya tidak dengan menempatkan script pelacak di suatu website, seperti kebanyakan statistik lain, tapi dengan menempatkan alexa toolbar pada browser pengunjung. Dengan demikian banyaknya pengunjung suatu website dihitung berdasarkan banyaknya browser dengan alexa toolbar yang mengunjungi website tersebut. Akibatnya tidak semua pengunjung terdeteksi hanya pengunjung yang menggunakan alexa toolbar pada browsernya.

Penyebab Alexa Rank Selalu Turun

Setelah melihat penjelasan diatas, ada beberapa kemungkinan yang membuat alexa rank sebuah blog menurun, diantaranya:

  1. Jumlah pengunjung semakin sedikit.
  2. Pageview/halaman yang dilihat pengunjung dalam 1 kali kunjungan semakin sedikit
  3. Pengunjung website anda tidak menginstall alexa toolbar pada browsernya

Mau memperbaiki alexa rank anda, perbaikilah 2 opsi pertama, sedangkan opsi ketiga tidak bisa dianulir. Mungkin cara menaikan alexa rank yang paling mudah adalah kalian bisa bisa menggunakan alexa toolbar di browser internet yang kalian gunakan, membuka blog atau website yang kalian kelola dengan membuka beberapa halaman, tutup, kemudian ulangi lagi. Tapi cara ini tidak saya sarankan karena sangat konyol.

Mungkin hanya sedikit informasi yang saya berikan, semoga ini menjadi pacuan untuk teman-teman semua untuk meningkatkan kualitas blog teman-teman dan semangat memposting hal-hal yang baru secara rutin agar mendapatkan SEO yang bagus dan traffic yang bagus pula. Ada yang mau ditambahkan apa saja penyebab alexa rank turun ini?

60 Replies to “Beberapa Penyebab Alexa Rank Turun Dratis & Cara Mengatasinya!”

  1. “Mungkin anda bisa menggunakan alexa toolbar di browser anda, membuka website anda, buka beberapa halaman, tutup, kemudian ulangi lagi. Tapi cara ini tidak saya sarankan karena sangat konyol.” <——– Justru itu cara tergaptek membuat rank alexa singset,,, he he,,

    karena puluhan trafik saja / day sebenarnya untuk mencapai rank alexa ratusan ribu :)

  2. mantabbb banget artikel nya….
    tapi bos.. alexa turun page di google naik
    nah malah bingung saya…
    alexa rank blog saya turun tapi posisi kata kunci yg saya incar malah naik..
    bejimana tu gan??
    perlu tidak sebenarnya rank alexa?? sory ane newbie ni gan..

    thanks before

  3. Alexa Rank sebenarnya hanya memacu kita untuk lebih meningkatkan kualitas update blog kita..

    Jika Page Rank Google naik,itu berarti bagus.
    :D

  4. ow gtu ya mas?
    tapi kalo blog kita gak didaftarin ke Alexa berpengaruh gak mas Page Rank blog kita?

    btw thx bgt ya mas atas info2nya yg kmaren2 n thx jg karna dah blh knal lsg ma mas aldy.
    :)

    Salam Blogger

  5. @Bangnes :

    tanpa didaftarin alexa juga kita tetap bisa tau rank kita kok,kalo page rank..hmm…itu ma punya si google..punya penilaian sendiri dia..

    sama2 mas,saya berteman sama siapa saja kok.. :D

  6. naik turunnya mbak alexa sih tergantung pada tolbar alexa di komputer,cuek ajalah, wong kadang kadang ranking alexa turun terus tapi visitor malah naik,nggak usah dipikirin teman2,yang penting mbah google berpihak pada blog anda ok(pengalaman pribadi (lho)

  7. saya adalag blogger pemula yang sangat butuh informasi.
    terima kasih telah di berikan info-info tentang blogger.
    salam persahabatan

  8. thanks gan, hal tersebut yg sdng saya alami,,kunjungan semakin menurun…ada saran harus bagaimana meningkatkannya lagi

  9. saya sudah instal alexa toolbar dan traffic stabil , namun peringkat alexa blog saya semakin hari semakin menyedihkan bro , kenapa ya ?

  10. Naik turun itu udah biasa, para blogger bersaing untuk mendapatkan rank terbaik. Bila kini blog anda turun suatu saat bakal naik juga, namanya aja NAIK TURUN. Ya, jalani aja

  11. Alexa rank saya beberapa hari ini juga turun sob. Padahal traffic dan pageviewnya naik terus. Lucunya ini terjadi ketika saya sudah mendaftarkan blog saya ke Alexa. Sebelumnya ketika belum daftar, malah naik terus.

    Tahu gini, saya nggak daftar kemarin hehe

  12. Alexa rank saya beberapa hari ini juga turun sob. Padahal traffic dan pageviewnya naik terus. Lucunya ini terjadi ketika saya sudah mendaftarkan blog saya ke Alexa. Sebelumnya ketika belum daftar, malah naik terus. Tahu gini, saya nggak daftar kemarin hehe

  13. alexa rank turun naik kayak jomplangan sepur wajar kok, tapi kalo turun-nya ‘sadis’, perlu di analisis deh…Dan ini tantangan bagi yang nge-web master.

  14. nais inpo gan,tapi ane ragu kalo pasang alexa TB bisa bikin alexa rank jadi ramping. Sebab kl di pikir², tidak ada hubungan antara blog sama browser :)
    Tapi kalo sering update artikel sama promosi blog, ane percaya :) Salam kenal…

  15. itu juga masukan dari teman kang..

    emang ga ngaruh sebenarnya kalo dipikir2,tapi hanya meneruskan info saja saya mah..

    ^_^

  16. mantap informasinya mas
    rank alexa saya memang baru saja turun drastis yang tadinya 500rb sekarang sudah diatas 1jt
    padahal saya selalu update artikel

  17. Memang konyol kalo buka web site sendiri, tapi lebih konyol lagi nyuruh orang lain ‘kan apalagi maksa. Kadang-2, bertingkah konyol itu ada manfaatnya, lho. Selama berkonyol ria, dah.

  18. Informasi yang sangat manarik..terima kasih telah berbagi ilmu kepada kami yg baru belajar ini

  19. assalammualaikum.. mau tanya buat semua y. pengunjung website saya normal2 saja dan tidak ada peningkatan yg signifikan, boleh dikatakn pengunjung yang mampir ke website saya itu stabil. yang saya mau tanyakan adalah, kenapa disaaat pengunjung yang mampir stabil dan tidak ada peningkatan pengunjung yg signifikan, tapi ranking alexa terus membaik dan turun ke angka ranking yang menurut saya luarbiasa dari 8rb ke 3rb dalam satuminggu. ada yang tau fenomena apa yg terjadi pada website saya? terimakasih wasalam :’)

  20. Sulu nilai alexa blog saya pernah menginjak angka 800ribuan tapi sekarang sepertinya sudah jauh naik di angka 2 jtan
    terima kasih atas penjelasannya, saya baru mengerti sekarang dan semoga saya bisa mengembalikan nilai alexa rank blog saya

    1. kalau pengaruh template sudah pasti mas, karena kan ada template yang berat ada juga yg ringan. Jadi, visitor terkadang malas kalau templatenya berat :)

  21. sudah sebuln alexa ga turun2 nangkring melulu disitu,btw makasih infonya :) moga up terus

  22. dengan artikel diatas saya kira akan sangat membantu para publisher yang ingin menaikan nilai rank alexa, pengalaman saya adalah menurunnya nilai alexa rank dan blog sayapun terindeks cukup jauh dari yang saya harapkan karena saya jarang update artikel dan jarang bersilaturahmi ke blog orang jadi postingan diatas memang harus dilakukan. saya kira artikel diatas sangat bermanfaat dan saya harapkan kunjungan para blog/publisher agar sama2 menaikkan nilai rank alexa. jangan sungkan untuk berkunjung di blog saya, sayapun akan menjadikan anda sebagai tamu saya yang harus dihormati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *