Tips Memilih Domain Dan Hosting Sesuai Budget Dengan Tepat!

Memilih Domain Dan Hosting

Banyak dari para blogger-blogger yang sudah tidak asing lagi dengan kata domain, bahkan untuk memilih domain dan hosting sendiripun mereka sudah lebih mahir. Domain dan hosting adalah hal yang paling kita gunakan untuk beragam keperluan, entah untuk menulis blog sederhana, memulai bisnis ataupun kebutuhan lainnya.

Cara Memilih Hosting Yang Tepat!

Memilih Domain Dan Hosting

Banyak yang bertanya masalah harga domain dan harga hosting ini, namun banyak diantara mereka yang lebih memikirkan mengenai spesifikasi dan ukuran hosting tersebut padahal mereka hanya menggunakan untuk blogging saja. Padahal, ada beberapa tips memilih domain dan hosting yang akan kalian gunakan nantinya.

Berikut adalah beberapa tips memilih nama domain dan hosting dari saya untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan kalian:

Memahami Jenis Dan Kegunaannya

Sebelum membeli hosting dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan penggunaan RAM yang juga besar, kalian harus tahu terlebih dahulu untuk apa kalian menggunakan hosting tersebut. Apakah blog, website jual-beli, atau untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara lainnya.

Saat ini, cukup banyak provider hosting yang menawarkan dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 3 GB. Tetapi, harga yang akan kalian bayarkan cukup mahal dan kalian bisa mempertimbangkannya apabila sudah tahu kegunaannya.

Menentukan Ukuran Yang Akan Digunakan

Seperti yang gue bilang diatas, kalian harus menentukan ukuran hosting tersebut. Mulai dari ukuran penyimpanan data, ukuran ram yang digunakan dan beberapa ukuran lainnya yang akan menjalankan website kalian tersebut.

Pikirkan Faktor Keamanannya

Cara ketiga dalam memilih hosting yang akan kalian gunakan adalah faktor keamanan hosting tersebut. Banyak hosting murah yang tidak memikirkan hal ini. Karena itu, banyak para provider hosting yang mendapatkan komplain bahwa hosting mereka terkena serangan para hacker atau cracker untuk mendapatkan data website tersebut.

Perhatikan Support Service Hosting Tersebut

Berikutnya, kalian perlu mempertimbangkan servis support penyedia hosting yang akan kalian beli. Serespon apa contact service yang diberikan, senyaman apa kalian berkomunikasi dengan hosting tersebut. Ini menjadi perhatian khusus ketika kalian mengalami masalah pada hosting yang kalian beli tersebut.

Lihat Reviewnya Terlebih Dahulu

Terakhir, dalam memilih hosting murah atau hosting lainnya adalah kalian harus melihat review para penggunanya terlebih dahulu. Banyak beredar diinternet tulisan mengenai provider hosting yang akan kalian gunakan, jadi jangan sampai salah dalam memilih hosting murah yang akan kalian gunakan ya.

Cara Memilih Nama Domain Yang Tepat

Selain memilih hosting, tentu kalian juga harus mempertimbangkan nama domain yang akan kalian gunakan. Ada beberapa tips memilih nama domain yang wajib kalian ketahui, dibawah ini beberapa diantaranya:

  1. Pilihlah Kata yang Singkat dan Mudah Diingat
  2. Jangan Menggunakan Simbol
  3. Memilih Ekstensi Yang Tepat
  4. Pertimbangkan Fiturnya Juga
  5. Perhatikan Harga Jualnya

Mungkin hanya sekian yang dapat saya berikan untuk kalian semuanya. Untuk memilih nama domain dan hosting yang akan kita gunakan, ada baiknya kalian melihat kegunaan dan kapasitas dari apapun yang akan kalian gunakan, apakah untuk blog atau bisnis yang membutuhkan kapasitas besar. Tetapi, apabila traffic atau jumlah pengunjung sudah besar barulah memikirkan tambahannya.

Sampai disini, jangan sampai salah lagi ya untuk menentukan nama domain dan hosting yang akan kalian gunakan ini. Semoga kalian bisa memilih domain dan hosting yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kalian!