Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Agar Komputer Lebih Optimal!

C

Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan sedikit cara untuk mempercepat kinerja windows 7 yang kalian miliki. Mulai dari proses booting, loading dan lain sebagainya agar kerja komputer kalian lebih maksimal. Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana cara melakukannya, daripada menjawab satu persatu, ada baiknya saya buatkan artikelnya.

Cara Mempercepat Windows 7 Komputer

Cara Mempercepat Kinerja Windows 7

Ada beberapa hal yang akan saya tulis pada postingan kali ini. Pada Windows 7 terdapat beberapa kinerjanya yang sangat lambat menurut para penggunanya. Sebenarnya, Windows 7 itu hampir mirip dengan Windows Vista yaitu versi sebelumnya dari pabrikan Microsoft ini.

Pada kali ini saya akan membagikan cara bagaimana agar komputer kalian lebih cepat proses booting, shutdown dan berpindah layar apabila menggunakan windos 7. Ikuti langkah dibawah ini untuk beberapa cara mempercepat kinerja windows 7 yang kalian gunakan:

Mempercepat Waktu Booting

Pada Windows 7 hanya menggunakan satu core saja untuk melakukan booting. Dengan menambah jumlah core yang digunakan, Oleh karena itu kita dapat mempersingkat bootingnya dengan cara dibawah ini:

  1. Klik Start dan kemudian ketikkan “msconfig” pada bagian search programs and files.
  2. Klik pada tab “Boot” dan klik pada “Advanced options”.
  3. Cek pilihan “Number of processors” dan tentukan berapa yang anda inginkan sesuai dengan yang   dimiliki PC.
  4. Klik “OK” dan “Apply”.
  5. Reboot.

Berpindah Window Lebih Cepat

Agar kalian lebih cepat berpindah dari lembar kerja ke yang lainnya, kalian harus melakukan disable minimize dan maximize animation. Proses ini memakan RAM yang cukup besar tentunya. Untuk melakukan hal tersebut, silahkan ikuti langkah dibawah ini:

  1. Klik Start dan ketikkan “SystemPropertiesPerformance“
  2. Klik tab Visual Effects
  3. Hilangkan centang pada “Animate windows when minimizing and maximizing”, lalu
  4. Klik OK.

Menghapus Font Yang Tidak Diperlukan

Ada banyak font keren, khususnya TrueType fonts menggunakan cukup banyak system resources. Untuk kinerja yang optimal, pangkas jumlah font di PC Kamu dan gunakan yang memang Anda perlukan saja dan font-font yang kemungkinan diperlukan oleh suatu aplikasi.

  1. Buka Control Panel
  2. Buka folder Fonts
  3. Pindahkan font yang tidak ingin Kita gunakan ke direktori sementara (misalnya C:/SIMPANDULU), mungkin suatu saat kita menginginkannya lagi. Semakin banyak font yang dibuang, semakin banyak system resources yang didapat.

Mempercepat Shutdown

Shutdown Windows 7 lebih cepat dari Vista ataupun XP, namun kita masih bisa meningkatkan kecepatnnya dengan melakukan sedikit perubahan pada registry yang mengurangi waktu tunggu Windows untuk mematikan berbagai proses yang ada:

  1. Klik Start dan ketikkan regedit lalu tekan enter.
  2. Buka HKEY-LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetControl
  3. Klik kanan pada WaitToKillServiceTimeOut dan rubah nilainya menjadi lebih kecil. Defaultnya adalah 12000 (12 detik) namun kita bisa memperkecil angka ini.
  4. Klik OK dan reset PC Anda.

Mungkin sekian dulu mengenai info hari ini. Semoga teman-teman semuanya dapat mengerti dan mempraktekan bagaimana cara mempercepat kinjerja windows 7 yang kalian gunakan pada komputer kalian.

Cara Remote Desktop di Windows 7 Dengan Mudah Cukup…

Untuk melakukan remote desktop dari komputer, kalian wajib tahu alamat IP yang terhubung dengan koneksi LAN kalian. Baca disini caranya yuk!
aLdyputRa
56 sec read

Theme Atau Tema Untuk Windows 7

Theme Atau Tema Untuk Windows 7 - Kali ini saya akan memberikan sedikit Tema Untuk Windows 7 atau Tema Untuk Windows 7 yang banyak...
aLdyputRa
1 min read

3 Replies to “Cara Mempercepat Kinerja Windows 7 Agar Komputer Lebih Optimal!”

  1. oh. .
    gini caranya. .
    btw windows ane uda cepet.. pasti bsa lebh cpet lagi.
    boleh dicoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *