Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox

Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox

Kelebihan dan kelemahan mozilla firefox banyak yang belum tahu. Baca artikel ini dan kalian akan tahu semua tentang mozilla firefox. Sebelum rilis versi 1.0-nya pada 9 November 2004, Firefox telah mendapatkan sambutan yang sangat bagus dari pihak media, termasuk dari Forbes dan Wall Street Journal.

Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox

Kalau ada diantara kalian yang mendapatkan sebuah pertanyaan seperti sebutkan kelemahan dan keunggulan mozilla firefox atau diminta untuk jelaskan kelebihan browser mozilla firefox, silahkan kalian baca sampai selesai artikel ini.

Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox

Kelebihan Firefox

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai firefox yang menurut pandangan gue pribadi tanpa adanya maksud dan tujuan apapun, ya. Dibawah ini gue akan jelaskan kelebihan browser mozilla firefox selama gue menggunakannya:

  1. Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
  2. Security yang dimiliki Firefox lebih handal dibanding yang.
  3. Browser ini juga terkenal dengan addons-nya yang banyak ersedita baik itu dari Mozilla sendiri ataupun dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester).
  4. Browser ini juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB dan mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
  5. Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal dan mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
  6. Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas,Fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus, Fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.

Kelemahan Firefox

Kalau ada pertanyaan seperti ini “berikut ini adalah kelemahan mozilla firefox kecuali” kalian bisa menjawabnya dengan melihat beberapa kelemahan mozilla firefox dibawah ini:

  1. Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama, ini membuat user tidak nyaman.
  2. Browser ini juga tidak berfungsi dengan optimal bila tidak ditambahi addons. Para crackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
  3. Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja.
  4. Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3.
  5. Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox.
  6. Browser ini juga tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook. Bahkan beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar.

Mungkin sekian dulu untuk tulisan saya ini, semoga menjadi pengetahuan untuk teman-teman semuanya. Sekarang, kalian jadi tahu deh apa saja keuntungan ketika kalian menggunakan firefox. Tapi, kalau ingin menggunakan chrome, silahkan baca juga tentang kelebihan dan kekurangan google chrome.

Sekian tulisan yang bisa gue kasih, kalau ada tambahan boleh dishare ya apa saja kelebihan dan kelemahan mozilla firefox.

9 Replies to “Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox”

  1. @Anas : iya,emang berat bnget..apalagi kalo liat di Task Manager,pasti ada service plugin container..hihihi..

    @Black IT : Terima Kasih.. :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *