Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Buah Bagi Kesehatan ManusiaManfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia – Empat sehat lima sempurna, sebuah idiom seputar makanan dan kesehatan yang popular bagi bangsa kita. Konsep empat sehat lima sempurna ternyata kadang masih difahami kurang tepat oleh sebagian masyarakat. Begitu juga buah,banyak yang belum tahu Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia.Oleh karena itu,saya akan membahas Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia.

Aplikasi empat sehat lima sempurna yang sebenarnya adalah mengonsumsi unsur-unsurnya secara bertahap. Tubuh kita mempunya kapasitas dan ritme dalam merespons makanan yang masuk. Yang paling penting bukan memasukkan empat sehat lima sempurnanya, namun bagaimana pencernaannya.

Buah merupakan salah satu unsur pentiny dalam menu makanan yang bermanfaat untuk menunjang kesehatan kita. Konsumsi buah sebagai pelengkap agar memenuhi menu makanan empat sehat lima sempurna. Hal ini dikarenakan pada  buah memiliki nutrisi dan gizi yang diperlukan oleh tubuh.Pada buah mengadung beberapa unsure yang sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh kita, kandungan buah yang utama terdiri dari  air, vitamin, mineral, serat, antioksidan dan karbohidrat.Manfaat dari masing-masing unsut tersebut  bagi tubuh kita antara lain :

Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia.

  • Air

tubuh memerlukan keseimbangan jumlah air yang ada sehingga jumlahnya perlu untuk dijaga. Sebaikknya kita mengkonsumsi air 2 liter dalam 1 hari, kebutuhan air ini antara lain dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi buah.

  • Vitamin dan mineral

sebagian besar buah mengandung vitamin penting seperti vitamin C dan E. Sedangkan mineral dalam buah misalnya kalsium, zink maupun mangaan. Vitamin dan mineral merupakan adalah zat yang membantu proses metabolisme kerja sel dalam tubuh.
Antioksidan, merupakan zat penangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Zat yang terdapat dalam polusi, asap rokok dan kendaraan bila bertemu dengan kolesterol yang ada dalam tubuh maka akan membentuk bisul dalam tubuh sehingga dapat merusak sel endotel dalam pembuluh darah. Akibat lanjutnya adalah kolesterol akan melekat dalam pembuluh darah kita.

  • Karbohidrat

sumber tenaga agar tubuh dapat melakukan aktivitas dengan normal. Buah juga memiliki karbohidrat kompleks yang terdiri dari glukosa dan fruktosa. Dan ini sangat penting dan memiliki kelebihan karena fruktosa yang masuk tidak membutuhkan hormon insulin sehingga tidak membebani kerja pancreas. Apabila rusak maka dapat menyebabkan penyakit diabetes. Jadi memang berbeda bila kita mengkonsumsi gula.

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, maka sebaiknya anda mengkonsumsi 10 porsi buah dengan 10 warna yang berbeda setiap hari. Misalnya: pisang, nanas, mangga, apel, jeruk, sawo, duku. Satu porsi satu buah utuh, jadi perlu ditegaskan bahwa konsumsinya bukan hanya potongan seperti rujak manis.

Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia : Tips Memilih Buah

Tips untuk memilih buah yaitu pilihlah yang warnanya mengkilap karena banyak mengandung phytachemicals sebagai kandungan antioksidan, selain itu mengandung vitamin dan mineral lebih banyak dibandingkan dengan buah yang kulitnya kusam.

Bagaimana ?? Sekarang teman – teman jadi tahukan betapa pentingnya buah bagi tubuh kita ?? Sekian informasi saya mengenai Manfaat Buah Bagi Kesehatan Manusia.