manfaat puasa bagi kesehatan tubuh | Manfaat Puasa | Puasa Bagi Kesehatan - aLdy PutRa - Official Sites


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan TubuhManfaat TubuhPuasa sebagai ibadah memang sesuatu yang sudah banyak diketahui umat Islam, tetapi masih banyak manfaat puasa bagi umat Islam seperti manfaat di bidang kesehatan. Rasul sudah menyampaikan hal ini dalam hadistnya bahwa “berpuasalah kamu supaya sehat”.Oleh karena itu,pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh.

Manfaat puasa dibidang kesehatan inilah yang sangat penting bagi umat Islam. Manfaat ini sudah dapat dibuktikan dengan sekilas melihat penurunan jumlah pasien rawat inap di rumahsakit2 ketika datangnya bulan puasa.Bagaimana ibadah puasa ini dapat memberikan manfaat dalam bidang kesehatan?

Banyak penelitian telah membuktikan hal ini, seandainya dalam sebuah gudang beras terdapat susunan karung berisi beras, dalam kesehariannya susunan beras tersebut terus bertambah dan sesekali diambil uintuk dijual, tetapi yang selalu diambil pasti hanya bagian atasnya saja dan bagian bawahnya tetap, sehingga bagian bawah ini yang akan membusuk.Ibadah puasa salah satu fungsinya untuk kesehatan adalah menghilangkan racun atau detoksikasi di dalam tubuh dengan mekanisme seperti yang diilustrasikan di atas. Untuk mengangkat tumpukan racun yang tertimbun selama 11 bulan di dalam tubuh diperlukan puasa selama 1 bulan.

Untuk itu puasa yang satu bulan harus dilaksanakan dengan benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidah ajaran agama Islam. Contohnya dalam berbuka dan sahur tidak dianjurkan makan dengan porsi yang berlebihan (balas dendam), tetapi kita harus berbapatokan pada kebutuhan tubuh, yaitu memenuhi tiga unsur, yaitu : unsur pemberi tenaga (karbohidrat), unsur pembangun (protein) dan unsur pengatur (vitamin).

Dengan berpuasa terjadi proses detoksifikasi dalam tubuh manusia, sehingga dapat menyehatkan tubuh (terutama organ-organ dalam) dan kulit. Hal ini dapat kita amati ketika setelah berpuasa sebulan penuh tampak tubuh begitu fit dan kulit memncarkan aura yang begitu segar dan menarik.

Jika berpuasa dilakukan dengan benar, maka banyak jenis-jenis penyakit dapat dikendalikan bahkan ada yang bisa sembuh. Diantarnya penyakit diabetesmelitus, hipertensi, kadar kolesterol yang tinggi, penyakit gastritis (maag) hingga bisa menurunkan berat badan (obesitas).

Sekian dulu informasi yang dapat saya berikan pada kesempatan kali ini,semoga teman – teman blogger dapat mengambil makna positif dari adanya bulan puasa ini.Sekian informasi saya mengenai Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh.

Baca Juga Artikel Berikut Ini




4 Responses to “Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. rsigit says:

    Subhanallah setiap perintah Allah pasti mengandung manfaat bagi yang menjalankan..
    salam kenal,,

  2. aLdyputRa says:

    sebuah manfaat jika kita mengikuti perintahnya mas..

    Terima kasih

  3. Emmmh jadi gitu ya…, kalo ane berarti salah donk suka balas dendam kalo pas buka… :D

  4. aLdyputRa says:

    jgn suka balas dendam mas pas buka puasa..^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


+ 9 = seventeen

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>