Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain

Pengetahuan Dasar Mengenai Macam DomainPengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain – Masih banyak orang – orang seperti saya yang belum memilikiPengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain.Terbukti banyak yang salah mengartikan dari domain itu sendiri.Oleh karena itu,pada postingan kali ini saya mencoba menuliskan Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain dengan maksud teman – teman semuanya dapat mengerti tentang Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain.

Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain

Pengertian Domain

Sebuah halaman website di internet sebenarnya dikenali dengan sederetan angka yang disebut IP Address, misalnya: 192.0.34.69 Namun untuk lebih memudahkan mengenali IP Addrees tersebut, maka di buatlah sebuah nama pengganti dalam bentuk huruf (tulisan/nama). Nama “pengganti” inilah yang disebut dengan Nama Domain (Domain Name).Nama Domain digunakan untuk mengidentifikasi alamat sebuah website, secara sederhana-nya nama domain bisa kita artikan “sebuah nama yang menunjukan alamat website tertentu”.

Nama Domain bersifat unik, artinya tidak ada 2 nama domain yang sama di internet. Sebuah organisasi di bernama InterNIC bertugas melakukan administrasi Nama Domain ini.

Top Level Domain

Top Level Domain Name adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti:

  • .com  (dotcommercial)     = Komersil
  • .net   (dotnetwork)     = Network
  • .org   (dotorganization)     = Organisasi
  • .edu  (doteducation)     = Pendidikan
  • .gov  (dotgoverment)     = Pemerintahan
  • .mil (dotmilitary).     = Militer

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level  Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD).gTLD adalah seperti yang dituliskan diatas, yaitu: .com, .net, dll.Sedangkan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara,  seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id) atau Singapura dengan kode SG (com.sg, net.sg, dsb).

Third Level Domain

Third Level Domain adalah nama sebelum Top Level Domain. Misalnya nama domain yang anda miliki adalah aldyputra.net, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum kata ‘aldyputra.net’, misalnya mail.aldyputra.net, Third Level Domain biasanya lebih dikenal dengan sebutan “Subdomain”.Nah,sekian dulu postingan saya mengenai Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain.

4 5
Oleh


2 comments on “Pengetahuan Dasar Mengenai Macam Domain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *