Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 BitPerbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit – Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskanPerbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit secara mendasar.Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit yang paling dasar adalah  32-bit dan 64-bit mengacu pada cara komputer prosesor (CPU) menangani proses. Untuk lebih jelas mari kita lihat Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit.

Untuk menginstal OS versi 64-bit kita harus mempunyai CPU pada sistem anda yang mampu menjalankan Windows versi 64-bit. Manfaat menggunakan 64-bit sistem operasi paling jelas ketika kita mempunyai RAM dalam jumlah besar yang terpasang pada komputer kita, biasanya 4 GB RAM atau lebih.

Dalam kasus tersebut, karena 64-bit sistem operasi dapat menangani sejumlah besar memori yang lebih efisien daripada sistem operasi 32-bit. Sistem operasi 64-bit dapat lebih responsif ketika menjalankan beberapa program pada waktu yang sama dan sering beralih antar program.

Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit

  • Perbedaan yang paling signifikan adalah OS 64 bit mampu menangani memori / RAM hingga 192 GB (Windows 64 Home Edition dibatasi 16GB dengan alasan lisensi), sementara OS 32 bit hanya mampu menangani maksimal 4GB RAM. Beberapa chip modern memiliki teknologi PAE (Physical Address Extension) yang memungkinkan OS 32 bit menangani hingga 64GB RAM, namun memerlukan aplikasi yang mendukung teknologi itu, yang jarang dimiliki aplikasi biasa.
  • OS 32 bit akan kesulitan menangani file yang berukuran diatas 4GB, padahal perkembangan multimedia terkadang membuat kita berurusan dengan file sebesar gajah bengkak. Menangani file seperti ini akan membuat sistem sering memanfaatkan virtual memory / swap memory sehingga memperlambat kerja dan membuat harddisk bekerja keras.
  • OS 64 bit juga memiliki beberapa keunggulan lain seperti perhitungan numerik, enkripsi, dll akan dapat memanfaatkan lebar jalur 64 bit sehingga prosesnya menjadi lebih cepat. Perhitungan floating-point juga dapat lebih presisi sehingga creep-error menjadi lebih kecil.

Bagaimana ?? Sudah paham ?? maka pilihlah pilihan yang tepat untuk Sistem Operasi komputer kawan, demi kelancaran aktivitas kita.Sekian informasi yang dapat saya berikan mengenai Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit.

Baca Juga Artikel Berikut Ini




7 Responses to “Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dengan 64 Bit”

  1. FajaR says:

    Wah saya malah baru tahu perbedaan 32 sama 64 ini, selama ini saya kira sama saja, bahkan cuma mengambil kesimpulan bahwa yang 64 akan terasa lebih berat tanpa tahu apa sebenarnya faktor yang mempengaruhi

  2. JacketCyber says:

    beda kang..
    oleh karena itu,setiap aplikasi ada persyaratan..

    bisa diinstal di mana..32 bit apa 64 bit..

    hehehe :D

  3. malangcoy says:

    aku makai yg 26 bit gag gag gag lebih cepat keras tajam dan terpercaya

  4. heriky says:

    kang,Bisa gak windows 64 bit diinstal ke 32 bit,dengan RAM 1 GB?
    terimakasih. :)

  5. aLdyputRa says:

    biasanya kan ada spesifikasi yang menentukan space ram yang dibutuhkan..

  6. ardi says:

    kalo tertulis “32-bit operating system, x64 based processor” maksudnya apa tuh gan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


six − = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>