Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress

Cara Memasang Google Analytics Pada WordPressCara Memasang Google Analytics Pada WordPress – Google Analytics merupakan salah satu layanan dari Google untuk melacak trafik blog. Layanan gratis ini menginformasikan bagaimana pengunjung menemukan dan berinteraksi dengan blog kita. Nah,pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress,agar teman – teman mengerti Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress.

Memang ada cara memasang Google Analytics dengan plugin. Namun, dalam Artikel kali ini saya ingin menginformasikan cara pemasangan secara manual.Mengapa secara manual ?? Agar teman – teman tidak terbiasa dengan tools atau plugin yang membuat teman – teman tidak tahu bagaimana cara manualnya.

Baiklah,mari kita lihat step by step mengenai Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress.

Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress : Cara Daftar di Google Analytics

  • Kunjungi situs Google Analytics.
  • Jika Anda belum mendaftar sebelumnya, klik Sign Up Now
  • Lengkapi data-data blog Anda seperti: URL, Account Name, Time Zone Country/Territory, Country and Time Zone, selanjutnya klik tombol Continue.
  • Langkah selanjutnya anda harus mengisi kontak informasi seperti: First Name, Last Name, Phone Number and Country. Klik lagi tombol Continue.
  • Centang pada tulisan Yes, i agree to the aboves terms and conditions dan klik Create New Account >>, muncul tampilan baru seperti ini:
  • Copy kode yang ada seperti pada gambar di atas. Kode inilah yang akan Anda sisipkan di theme blog wordpress Anda.

Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress : Cara pasang kode google analytics

  • Dengan menggunakan windows atau tab baru, Login ke blog Anda.
  • Pada Appearance, klik Editor.
  • Klik Footer.php. Cari tag body.
  • Paste kode Google Analytics di sebelah atas tag body.
  • Klik Update File.
  • Kembali ke Google Analytics, klik Finish. Anda akan dibawa menuju dasbor google analytics. Sekarang anda sudah bisa melihat profil blog anda, tetapi status pelacakannya belum aktif.

Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress : Cara mengaktifkan sistem tracking google analytics

  • Klik Edit (yang dilingkari pada gambar di bawah).
  • Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini, pesan yang timbul ”Tracking Not Installed”. Klik pada ”Check Status” request agar google analytics mengunjungi blog dan memeriksa kode google analytics yang baru saja anda paste pada theme blog anda.
  • Jika proses paste Kode sukses, maka google analytics akan mengindex atau melakukan tracking semua isi blog anda. Biasanya butuh waktu 1 jam untuk tracking blog anda. Gambar di bawah menjelaskan proses tracking blog. Angka 1= tracking, dan 2 = sukses di-tracking.

Demikianlah cara-cara memasang Google Analytics di wordpress. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkannya dan silahkan menyebarkan artikel saya mengenai Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.



53 comments on “Cara Memasang Google Analytics Pada WordPress

  1. Google Analytics sangat penting sebba bisa menghitung trafik yang diterima blog kita
    Terima kasih atas tutorialnya, saya akan membookmark postingannya, kalau saya lupa caranya pasti mudah untuk mencari tutorialnya

    • Manfaatnya?
      – Kita bisa tahu seberapa banyak pengunjung yg hadir ke blog/website kita.
      – Kita bisa tahu lebih banyak wanita/pria yang mengunjung diblog kita.
      – Tulisan mana yg paling banyak dilihat pengunjung kita.
      – dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


4 + seven =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>