Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta

Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta

Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta – Sebagaimana kita tahu,setelah 1 bulan penuh melaksanakan ibadah puasa tentunya kita harus membayar zakat pada sebelum melaksanakan hari raya idul fitri.Hal ini ditujukan untuk mensucikan harta yang kita punya didunia.Ada 2 Macam zakat yaitu Zakat Fitri Dan Zakat Harta.Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta.

Banyak sekali yang kita peroleh.Namun,sangat disayangkan beberapa orang yang membayar zakat hanya menunaikannya saja tanpa mengetahui Dan Zakat Harta sebenarnya.Oleh karena itu,mari kita lihat beberapa Dan Zakat Harta.

Baiklah,mari kita lihat sedikit mengenai Fitri Dan Zakat Harta.

Fitri Dan Zakat Harta : Definisi Zakat

Sebelum kita melihat beberapa manfaatnya,mari kita lihat dulu mengenai definisi zakat.Secara bahasa, zakat artinya “berkembang dan bertambah dalam kebaikan dan kesempurnaan.” Dikatakan, sesuatu itu zakat, jika sesuatu itu berkembang baik menuju kesempurnaan.

Sesuatu bisa berkembang dengan baik apabila keadaan sesuatu itu bersih dari kotoran dan penyakit. Seperti halnya badan kita, hewan dan tumbuhan bisa berkembang dengan baik jika keadaannya baik dan bersih dari kotoran dan segala penyakit. Demikian pula hati manusia bisa berkembang dengan baik dan sempurna manakala hati itu baik serta bersih dari kotoran dan segala penyakit

Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta : Zakati Hati

Dosa dan kemaksiatan yang dilakukan manusia laksana hama pada tumbuhan. Ibarat pasir pada emas dan perak. Demikian pula penyakit hati seperti hasud, sombong, congkak, merendahkan manusia, bodoh, besar kepala, keras hati menjadi penghambat berkembangnya hati. Bahkan terkadang sampai mematikan hati seperti halnya hama yang menghambat pertumbuhan tanaman dan bahkan mematikannya.

Maka, agar hati itu menjadi baik dan agar hati berkembang ke arah kebaikan dan kesempurnaan maka hati itu harus dibersihkan terlebih dahulu dari segala penyakit dan kotorannya. Caranya ialah dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang diharamkan Allah, menjauhi kemaksiatan dan yang dilarang Allah dan banyak bertaubat kepada-Nya.

Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta : Zakat Harta

Adapun manfaat zakat harta adalah seperti yang difirmankan Allah :

  • Untuk menyempurnakan keislaman seorang hamba.
  • Sebagai bukti benarnya iman orang yang berzakat karena nafsu itu sangat senang pada harta maka seseorang tidak akan menyerahkan hartanya kecuali karena menginginkan sesuatu yang lebih baik dari harta itu yaitu ridho Allah yang nilainya jauh lebih baik dan lebih sempurna untuk hamba.
  • Untuk mensucikan akhlak orang yang berzakat karena dengan zakat dia akan keluar dari golongan orang-orang yang bakhil/pelit dan masuk pada golongan orang-orang derma.
  • Sebagai bentuk kesempurnaan iman karena kita senang manakala saudara kita memberikan hartanya pada kita dan begitu pula saudara kita akan senang kalau kita beri dia harta.
  • Zakat menjadi sebab masuk surga karena surga itu diperuntukkan bagi orang baik pembicaraannya, suka menebar salam, memberi makan dan orang yang shalat malam ketika manusia sedang tidur.
  • Menjadikan masyarakat muslimin seperti satu keluarga, munculnya sifat kepedulian orang yang mampu kepada orang yang lemah, yang kaya kepada yang miskin, menyadari bahwa saudaranya yang lemah dan miskin butuh derma dan kepeduliannya, sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadanya.
  • Zakat dapat meredam sifat memberontaknya orang-orang fakir.
  • Zakat dapat mencegah dosa-dosa harta seperti pencurian, perampasan, perampokan dan penipuan. Karena orang miskin merasa bahwa pada orang kaya ada haknya yang ditahan, sehingga menghambat terlaksananya kebutuhan si miskin.
  • Zakat dapat menyelamatkan dari panasnya hari kiamat.
  • Zakat dapat mendorong manusia untuk mengetahui dan mempelajari syariat dan hukum Allah karena zakat tidak bisa dilaksanakan tanpa didahului ilmu.
  • Zakat dapat menumbuhkan dan mengembangkan harta, karena zakat melindungi harta dari penyakit-penyakitnya dan Allah akan memberkati harta yang bersih. Dalam hadits disebutkan:
  • Zakat itu dapat menjadi sebab turunnya kebaikan.
  • Zakat dapat meredam murka Allah.
  • Zakat dapat mencegah dari mati jelek (su’ul khotimah).
  • Zakat itu mencegah turunnya bala’ dari langit.
  • Zakat dapat menghapus kesalahan dan dosa.

Sekian dulu informasi saya mengenai Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta.Semoga teman – teman blogger semua tidak melupakan untuk membayar zakat setelah membaca artikel saya mengenai Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Manfaat Zakat Fitri Dan Zakat Harta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *