Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran Saat Mudik Lebaran – Mudik ke kampung sudah jadi tradisi bagi bangsa Indonesia. Di masa mudik nanti ibu kota, Jakarta bakal ditinggal jutaan penduduknya, rumah-rumah pun akan ditinggal kosong.Pada Kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran.

Banyak diantara para blogger yang jauh dari keluarga karena harus merantau kedaerah lain untuk mencapai sebuah cita – citanya sendiri atau mencari ilmu pada daerah lainnya.Namun,jangan lupa untuk meninggalkan keadaan rumah dengan aman sampai saatnya kita kembali beraktifitas dari rumah tersebut.

Baiklah,mari kita lihat beberapa Saat Mudik Lebaran agar keadaan rumah tidak terjadi hal – hal yang kita inginkan.Berikut adalah :

Berikut ini adalah Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran :

  • Sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.
  • Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.
  • Agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya. Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang maghrib.
  • Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah Anda. Sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman.
  • Laporlah kepada ketua RT/RW setempat tentang kepergian Anda. Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi.
  • Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat yang tidak mudik. Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran tersebut dilakukan karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.
  • Informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda.
  • Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali. Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni.
  • Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau Anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.
  • Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi. Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.

Sekain sedikit informasi sederhana saya mengenai beberapa Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran.Semoga teman – teman yang melaksanakan tradisi mudik lebaran ini dapat menjalankan mudiknya dengan aman dan tidak ketakutan meninggalkan rumahnya.Sekian informasi saya mengenai Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *