Kelebihan Dan Kekurangan Cooling Pad Untuk Laptop

Cara Memilih Cooling Pad Yang Tepat

Banyak para pengguna laptop yang memanfaatkan cooling pad untuk laptopnya masing-masing. Apa sebenarnya tujuan atau fungsi cooling pad ini? Tentunya agar laptop menjadi lebih dingin. Namun pertanyaannya datang dari orang yang baru menggunakannya, apa kelebihan dan kekurangan dari cooling pad ini?

Kelebihan dan Kekurangan Cooling Pad

Kelebihan Dan Kekurangan Cooling Pad Untuk Laptop

Sebenarnya, cukup banyak beredar baik itu di toko online ataupun marketplace yang menjual cooling pad seharga ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tujuannya tentu untuk membuat laptop kalian lebih dingin saat bermain game ataupun menonton film. Ada beberapa merek cooling pad terbaik yang bisa kalian gunakan seperti cooler master, deepcool, coldplayer dan lainnya.

Pertanyaannya, apakah cooling pad berguna untuk menurunkan suhu laptop yang panas? Betul, itu sangat umum ditanyakan bagi para pengguna laptop saat ingin menurunkan suhu laptop saat digunakan. Sebelum kesana, berikut ini beberapa kelebihan cooling pad yang bisa gue berikan sebagai bayangan kalian sebelum membelinya:

Kelebihan Cooling Pad

  • Laptop bisa lebih dingin, tetapi hanya bagian yang terkena kipas. Jadi usahakan dalam pemilihan coolpad, liat posisi kipasnya. Sesuaikan dengan bagian laptop yang biasanya cepet panas. Posisi dan jumlah kipas beda-beda untuk setiap cooling pad.
  • Laptop lebih terlihat elegant jika menggunakan cooling pad yang memiliki fitur lampu led didalamnya.

Kekurangan Cooling Pad

  • Baterai laptop juga cepet habis, dikarenakan penggunaan listrik pada cooling pad diambil dari laptop.
  • Colokkan USB jadi berkurang.
  • Tas yang kita gunakan menjadi tambah berat jika kalian selalu membawa cooling pad.
  • Perhatikan tempat sirkulasi udara di laptop. Sebenarnya laptop sudah menyediakan ventilasi yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam laptop. Kalo ventilasinya ada disamping kiri, kanan, atau belakang laptop tidak akan menjadi masalah, tapi klo sirkulasi udaranya dibawah laptop, bisa terganggu.

Cara Memilih Cooling Pad Yang Tepat

Cara Memilih Cooling Pad Yang Tepat

Setelah kalian tahu beberapa keunggulan dan kelemahan cooling pad untuk laptop yang kalian gunakan, pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih cooling pad yang tepat untuk menurunkan suhu laptop yang kalian gunakan bukan? Berikut ini panduan atau tips memilih cooling pad untuk kalian gunakan sehari-hari:

Lihat Ventilasi Laptop

Untuk memilih cooling pad laptop yang sesuai dengan laptop kalian, ventilasi adalah hal utama yang harus kalian lihat dan disesuaikan. Pastikan udara yang dihasilkan oleh cooling pad yang akan kalian beli dapat masuk secara sempurna ke dalam ventilasi laptop kalian. Hal ini dapat membantu menurunkan suhu laptop secara sempurna.

Seperti yang gue bilang diatas, setiap laptop memiliki ventilasi udara yang berbeda-beda. Oleh karena itu, hal ini menjadi penting saat kalian akan membeli cooling pad terbaik untuk laptop yang menjadi alat kerja atau bermain game, jangan sampai salah beli ya.

Periksa Spot Panas Pada Laptop

Tips memilih cooling pad terbaik pada laptop kalian adalah dengan memeriksa spot panas yang dihasilkan oleh laptop itu sendiri. Usahakan cooling pad dapat menjangkau bagian spot panas tersebut untuk membantu laptop kalian menjadi tidak terlalu panas saat digunakan bekerja, bermain game atau sekedar menonton film kesukaan kalian.

Pilih Jenis Bahan Material Cooling Pad

Panduan terakhir untuk memilih cooling pad yang akan kalian beli yaitu mempertimbangkan jenis bahan material pembuat cooling pad itu sendiri. Secara umum, ada dua jenis material cooling pad terbaik yang bisa kalian gunakan, yaitu plastik dan juga logam. Ini akan sangat berpengaruh terhadap berat dan kegunaannya.

Cooling pad yang kalian beli, apabila terbuat dari logam memang sangat efisien ketika digunakan untuk menurunkan suhu laptop kalian. Tetapi, harganya lebih mahal dan juga terbilang cukup berat apabila kalian ingin membawanya setiap hari di dalam tas yang kalian gunakan. Sedangkan cooling pad berbahan plastik, harganya lebih murah dan lebuh efisien saat dibawa.

Rekomendasi Cooling Pad Terbaik Untuk Digunakan

Setelah tahu beberapa kelebihan dan kekurangan cooling pad untuk menurunkan suhu laptop kalian, beirkut ini beberapa rekomendasi cooling pad terbaik untuk kalian beli dan gunakan sehari-hari pada laptop kalian:

  1. Deepcool N17. Jumlah kipas yang digunakan pada cooling pad ini hanya 1 dan material yang digunakan adalah metal mesh. Kalian bisa membeli cooling pad deepcool N17 dengan harga 2 ratus ribuan.
  2. Cooler Master Notepal X-Slim II. Jumlah kipas yang digunakan pada cooling pad ini hanya 1 dan material yang digunakan adalah Plastic, mesh, rubber. Kalian bisa membeli cooling pad Cooler Master Notepal X-Slim II dengan harga 2 ratus ribuan.
  3. Thermaltake Massive A22. Jumlah kipas yang digunakan pada cooling pad ini sebanyak 2 dan material yang digunakan adalah Plastic, aluminium. Kalian bisa membeli cooling pad Thermaltake Massive A22 dengan harga 4 ratus ribuan.
  4. Targus HD3 Gaming Chill Mat. Jumlah kipas yang digunakan pada cooling pad ini sebanyak 3 dan material yang digunakan adalah Aluminium alloy, plastic. Kalian bisa membeli cooling pad Targus HD3 Gaming Chill Mat dengan harga 5 ratus ribuan.
  5. Enermax TwisterOdio 16-CP008. Jumlah kipas yang digunakan pada cooling pad ini sebanyak 1 dan material yang digunakan adalah Aluminium, plastic. Kalian bisa membeli cooling pad Enermax TwisterOdio 16-CP008 dengan harga 5 ratus ribuan.

Bagaimana? Sekarang sudah tahukan apa saja kelebihan dan kekurangan cooling pad yang akan kalian beli lengkap dengan cara memilihnya? Kalau ada pilihan lain dari cooling pad yang gue berikan, silahkan tulis di kolom komentar, ya.