Beberapa Plugin Wordpress Untuk Memperpendek URL

Cara Install WordPress Pada Localhost

Cara Install WordPress Pada LocalhostCara Install WordPress Pada Localhost – Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi mengenai bagaimana Cara Install WordPress Pada Localhost.Bagi yang belum mengetahui apa itu Localhost silahkan teman – teman cari di beberapa situs mengenai apa itu Localhost ?? Pada kali ini saya lebih menekankan bagaimana Cara Install WordPress Pada Localhost.

Untuk teman – teman yang ingin membuat sebuah desain template yang sesuai dengan keinginan teman – teman,tentunya harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Cara Install WordPress Pada Localhost ini agar teman – teman dapat dengan lancar mencoba hasil desain template teman – teman dilocalhost terlebih dahulu.

Baiklah,mari kita lihat Cara Install WordPress Pada Localhost secara perlahan :

Promo Genflix 7 Hari

Cara Install WordPress Pada Localhost

  1. Ekstrak terlebih dahulu paket modul WordPress CMS yang telah Anda download.
  2. Anda akan menemukan sebuah modul yang berada di sebuah folder yang biasanya diberi nama “wordpress”.
  3. Pindahkan folder modul WordPress CMS yang bernama “wordpress” tersebut ke dalam “C:\xampp\htdocs”. Yang paling utama diperhatikan adalah penyimpanan yang harus dilakukan di folder “htdocs”. Tidak masalah pembaca menginstal XAMPP pertama kali di drive D, F, atau yang lainnya, yang terpenting semua file web pembaca harus ditempatkan pada folder “htdocs” tersebut.
  4. Jika sudah memindahkan atau mengcopy paste modul WordPress CMS tersebut, pembaca boleh mengganti nama folder “wordpress” sesuai keinginan Anda. Agar sama, kita akan mengganti dengan nama misalnya “webku”.
  5. Buka browser pembaca, kemudian ketik alamat “http://localhost/phpmyadmin” pada address bar sehingga muncul halaman phpMyAdmin. Kita akan membuat database yang akan digunakan oleh wordpress CMS yang akan kita instal. Tenang saja, saya tidak akan mengajak Anda untuk berurusan dengan bahasa SQL. Cukup tulis nama database yang akan kita gunakan pada kotak di bawah tulisan “Create new database”. Misalkan kita beri nama “datawebku”. Kemudian klik tombol “Create” yang ada di sebelah kanannya.
  6. Masih pada browser Anda, ketikkan juga alamat “http://localhost/webku” pada address bar-nya. Perhatikan bahwa alamat tersebut bergantung pada penamaan folder yang Anda berikan pada langkah 4. Karena kita memberi nama foldernya adalah “webku”, maka alamat URL-nya adalah “http://localhost/webku”. Namun, jika pembaca memberi nama lain misalnya “webnya”, maka alamatnya menjadi “http://localhost/webnya”.
  7. Pada browser pembaca akan muncul tampilan wordpress error seperti gambar di bawah ini karena belum terdapat file bernama wp-confic.php. File tersebut merupakan file yang berisi setting untuk web WordPress CMS kita. Untuk membuat file konfigurasi tersebut, lik tombol yang bertuliskan “Create a Configuration File”.
  8. Selanjutnya akan muncul halaman “Setup Configuration File” seperti berikut ini. Klik tombol yang bertuliskan “Let’s Go!”.
  9. Halaman yang selanjutnya muncul adalah halaman isian untuk setting konfigurasi.
  10. Klik tombol Run the install.
  11. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang web yang akan Anda buat dengan WordPress CMS ini.
  12. Akhirnya instalasi Woredpress CMS pada localhost berhasil. Pembaca akan ditunjukkan username serta password yang akan pembaca gunakan untuk masuk ke halaman administrator pada wordpress CMS pembaca. Jangan tutup terlebih dahulu halaman tersebut. Anda harus mengingat atau jika perlu mencatat password tersebut.
  13. Selanjutnya, buka tab atau wondow baru pada browser Anda. Kita akan mencoba masuk untuk pertama kali ke halaman administrator atau untuk wordpress biasanya disebut halaman “Dashboard”. Ketik alamat “http://localhost/webku/wp-admin”. Alamat tersebut merupakan alamat halaman Dashboard web WordPress CMS yang telah Anda instal tersebut.
  14. Agar pembaca mudah mengakses Dashboard pembaca, sebaiknya ganti password yang diberikan tadi dengan password yang mudah Anda ingat. Caranya klik menu “Users” yang ada di side kiri Dashboar wordpress Anda.

Untuk melihat tampilan wordpress CMS yang telah Anda instal, silahkan ketikkan pada browser dengan alamat “http://localhost/webku”. Dan ini adalah keseluruhan file web wordpress CMS tersebut. Sekian informasi sederhana saya mengenai bagaimana Cara Install WordPress Pada Localhost.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *