Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6

Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6 – Dari beberapa artikel saya mengenai visual basic 6,saya hanya memberikan Contoh Program Sederhana Menggunakan Visual Basic dan beberapa contoh lainnya mengenai Membuat Form Login Sederhana Menggunakan Visual Basic.Ternyata saya belum sempat membahas mengenai Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6.Pada kali ini saya akan membahas mengenai Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6.

Selain artikel yang saya bahas diatas,masih banyak lagi pembahasan mengenai Visual Basic 6 yang sudah saya bahas pada blog sederhana saya ini.Nah,sekarang saya akan membahas mengenai Dasar Dasa Visual Basic 6.Dengan adanya artikel yang saya buat ini,semoga teman – teman dapat mengerti mengenai bahasa pemrograman Visual basic 6.0.

Mari kita lihat secara perlahan mengenai Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6.

Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6

Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6Gambar diatas adalah tampilan awal saat kalian pertama kali membuka Visual Basic 6.0. terus,apa yg kalian pilih ?? seperti gambar diatas,kita pilih Standard EXE untuk membuat sebuah project / aplikasi yg berbasis desktop.Terus,gambar yg tampil setelah kita pilih Standard EXE seperti apa ??

Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6

Nah,itu dia tampilan awalnya.Disana udah saya berikan kotak dengan berbeda – beda warna agar teman – teman dapat melihat perbedaan dan masing – masing fungsinya.Neh keterangan dari warna – warnanya :

  1. Merah : Menu Bar
  2. Hijau : Toolbar
  3. Kuning : Project Explorer
  4. Biru : Properties Page
  5. Pink : Layar Kerja

Sekarang,akan saya jelaskan Fungsi dari masing – masing bagian diatas.

A. Menu Bar

Menu Bar itu apa sih ?? Dari menu bar ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Ms.Word atau beberapa product dari Microsoft,jadi Fungsinya tidak jauh beda.Kita bisa save project kita,open project kita,menjalankan project kita dan lain – lain.

Namun,ada sedikit yg berbeda,saat kalian lihat di Menu Bar ada yg namanya Add-Ins.Fungsinya apa sih ?? dari sana kita bisa membuat Database yg langsung terkoneksi dengan Visual Basic.

B. Toolbar

Toolbar itu apa sih ?? Sesuai dari pengertiannya,Tool = alat – alat jadi toolbar adalah bagian yg menyediakan peralatan / object apa sajah yg bisa kita gunakan.Disana ada yg namanya Command Button,Text Box,Progress Bar dan Lainnya.

C. Project Explorer

Sekarang masuk dari bagian intinya.Project Explorer disini berfungsi untuk mengetahui,ada apa saja dari project yg telah kita buat, termasuk ada berapa form yg telah kita buat selama masa pengerjaan project terserbut.

D. Properties Page

Masuk di properties page.Sesuai dengan namanya,kita disini dapat merubah fungsi / name / properties dari sebuah object – object yg telah kita inputkan kedalam sebuah project kita.

E. Layar Kerja

Ini adalah tempat dimana kita mengerjakan semua project kita namanya adalah FORM,nanti ada lagi namanya Data Report,Data Environmet dll.

Bagaimana ?? Jadi teman – teman sekarang dapat mengerti dan mengerjakan beberapa Contoh Program Sederhana Menggunakan Visual Basic ini bukan ?? Semoga artikel sederhana saya ini dapat memberikan sebuah ilmu baru untuk teman – teman.Sekian dulu mengenai Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6.

Baca Juga Artikel Berikut Ini




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


6 × one =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>