Pengenalan Dasar Visual Basic 6, Kalian Harus Tahu Sebelum Belajar!

a

Pengenalan Dasar Tentang Visual Basic 6

Materi pengenalan dasar visual basic 6 biasanya beberapa universitas memberikan pada semester 4 atau 5. Tetapi, banyak diantara mereka yang masih bingung dengan materi programming yang satu ini karena bentuknya memang berbeda dengan program berbasis web. Pada dasarnya, microsoft visual basic 6 adalah program yang berbasis gui dengan beberapa perintah yang harus kalian berikan nantinya.

Dasar Pengenalan Visual Basic 6

Beberapa artikel di blog sederhana ini sudah pernah membahas mengenai perintah programming yang ada pada visual basic, bahkan beberapa program sederhana visual basic 6 sudah gue berikan juga. Tetapi, kurang layak sepertinya apabila gue tidak memberikan kalian dasar-dasar sebelum kalian membuat program visual basic 6 ini. Berikut ini beberapa dasar visual basic 6 yang harus kalian ketahui:

Microsoft Visual Basic 6

Gambar diatas adalah tampilan awal saat kalian pertama kali membuka microsoft visual basic 6. Saat pertama kalia, kalian akan bingung untuk memulainya dan bertanya “terus, bagian mana yang gue pilih?” Seperti gambar diatas, kita pilih standard EXE untuk membuat sebuah project atau aplikasi yg berbasis desktop menggunakan bahasa program ini.

Setelah itu, nantinya kalian akan melihat gambar seperti dibawah ini:

Dasar Visual Basic 6

Itu dia tampilan awal visual basic 6 ini. Nantinya, disana udah saya berikan kotak dengan berbeda-beda warna agar teman-teman dapat melihat perbedaan dan masing-masing fungsinya. Silahkan lihat keterangan dibawah ini untuk lebih jelas nama bagian visual basic 6 diatas ya:

  1. Merah: Menu Bar
  2. Hijau: Toolbar
  3. Kuning: Project Explorer
  4. Biru: Properties Page
  5. Pink: Layar Kerja

Menu Bar

Menu Bar itu apa sih? Dari menu bar ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word atau beberapa produk lainnya dari Microsoft, jadi fungsinya tidak jauh berbeda. Dari sana, kita bisa menyimpan project kita, membukan project kita, menjalankan project kita dan lain sebagainya.

Namun ada hal yang sedikit berbeda antara produk microsoft lainnya, saat kalian lihat pada menu bar ada yg namanya Add-Ins. Fungsinya apa? Dari sana kita bisa membuat database yang langsung terkoneksi dengan Microsoft visual basic 6 ini.

Toolbar

Toolbar itu apa sih? Sesuai dari pengertiannya, toolbar adalah bagian yang menyediakan peralatan atau object apa saja yang bisa kita gunakan dalam dunia programming visual basic 6 ini. Disana ada yang namanya command button, text box, progress bar dan Lainnya. Kalian bisa memasukannya ke dalam projek programming yang kalian buat.

Project Explorer

Sekarang masuk dari bagian intinya, project explorer disini memiliki fungsi untuk mengetahui ada apa saja dari project yang telah kita buat, termasuk ada berapa form yang telah kita buat selama masa pengerjaan project visual basic 6 terserbut.

Properties Page

Sesuai dengan namanya, kita disini dapat merubah fungsi / name / properties dari sebuah object-object yang telah kita masukan ke dalam sebuah project kita. Ini bertujuan memberikan pembeda pada label, text box dan lainnya agar mudah saat memanggil sewaktu proses membuat kode programming yang akan berjalan.

Layar Kerja

Ini adalah tempat dimana kita mengerjakan semua project kita namanya adalah FORM, nanti ada lagi namanya Data Report, Data Environmet, Treeview dll. Semua bisa kalian masukan dalam form kalian melalui layar kerja disini.

Bagaimana? Jadi teman-teman sekarang dapat mengerti dan mengerjakan beberapa kode programming menggunakan visual basic 6 ini bukan? Semoga artikel sederhana saya ini dapat memberikan sebuah ilmu baru untuk teman-teman yang sedang mempelajari mengenai visual basic dan tahu pengenalan dasar visual basic 6 sebelum memulainya.