Perbedaan Kamera Prosumer Dan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Masih banyak yang belum tahu apa perbedaan kamera prosumer dan DSLR ini. Sekilas memang mirip, tapi ternyata ini beberapa perbedaannya. Untuk kalian ketahui, beberapa waktu lalu gue pernah bahas sedikit masalah pengalaman gue menggunakan kamera Nikon D3100. Kalau mau dibaca dulu, silahkan ya biar lebih paham.

Sebelum melihat kita masuk ke prosumer dan dslr ini, gue mau kasih tahu dulu pengerian dari kedua kamera digital ini.

Kamera Prosumer Dan DSLR

Perbedaan Kamera Prosumer Dan DSLR

Sebenarnya, apa itu kamera prosumer? Kamera prosumer adalah sebuah gabungan dari kata PROfesional dan conSUMER. Bila sebuah kamera disebut sebagai model prosumer biasanya ditandai kemampuan point and shoot tapi memiliki fitur lebih canggih dibanding kamera poket. Antara lain Memiliki kemampuan pemakaian secara manual untuk pengaturan exposure, ISO dan tersedianya format RAW image capture.

Biasanya, kamera prosumer ini lebih ditargetkan untuk mereka yang cukup antusias dengan dunia fotografi. Contoh kameranya antara lain kamera prosumer Canon powershot S90, powershot G11, kamera prosumer panasonic lumix DMC-LX3 dan kamera prosumer Nikon coolpix 8700.

Perbedaan Kamera Prosumer Dan DSLR

Setelah kalian semuanya melihat apa itu kamera prosumer, sekarang mari kita lihat beberapa perbedaannya dengan kamera dslr.

  • Saat ini perbedaan utama dengan DSLR adalah pada ukuran dimensinya, prosumer lebih kecil dan ringan dibanding DSLR demikian pula dengan kemampuannya masih dibawah DSLR.
  • Viewfinder pada prosumer tidak langsung diperoleh dari lensa bahkan ada yang memakai LCD kecil sbg electronic viewfinder.
  • Beberapa waktu lalu prosumer tidak bisa di ganti2 lensanya, tapi sekarang prosumer sudah “mensejajarkan diri” dengan DSLR dengan kemampuannya untuk di ganti2 lensanya walau belum banyak pilihan. Contoh prosumer camera yang bisa diganti lensanya adalah Olympus Pen E-P1, Panasonic Lumix GF1, Samsung NX10. Seperti pada DSLR, setiap merk, lensanya tidak compatible satu sama lain.

Sampai disini, kalian sudah paham dong ya apa perbedaannya? Semoga apa yang saya berikan ini ada manfaatnya untuk teman-teman semuanya. Kalau ada yang ingin berbagi pengalaman setelah melihat ini, boleh banget. Jika ada yang salah atau kurang, silahkan ditanggapi pada kolom komentar setelah artikel yang saya berikan mengenai perbedaan kamera prosumer dan DSLR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *