Apa Dan Bagaimana Filter CPL

Apa Dan Bagaimana Filter CPLApa Dan Bagaimana Filter CPL – Kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai Apa Filter CPL Dan Bagaimana Filter CPL itu sendiri.Setelah beberapa saat yang lalu saya memberikan informasi lainnya mengenai kamera digital yaitu Beberapa Jenis Filter Untuk Lensa Kamera DSLR dan juga Beberapa Jenis Lensa Pada Kamera DSLR kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Apa Dan Bagaimana Filter CPL.

Banyak yang bilang bahwa CPL filter adalah filter yang tidak dapat digantikan oleh image processing software apapun, sehingga mau tidak mau harus dipasang filter ini jika menginginkan efek yang dihasilkan oleh CPL filter ini. Untuk UV filter saya rasa sudah cukup jamak dan tidak perlu dibahas karena fungsi utama UV filter hanyalah mengurangi efek ultraviolet sinar matahari dan sebagai tambahan pelindung lensa dari kontak langsung dengan dunia luar.

Mari kita lihat lebih jelas mengenai Apa Dan Bagaimana Filter CPL itu sendiri.

Apa Filter CPL

Sebenarnya apakah CPL filter itu ? CPL adalah singkatan dari Circular Polarizing Filter, yang sesuai dengan namanya polarisasi yang dibentuk adalah circular atau lingkaran sehingga untuk mendapatkan efek-efeknya teknik yang digunakan adalah memutar-mutar filter ini sampai menghasilkan efek yang diinginkan. Sebenarnya ada juga yang disebut dengan Linear-PL cuma saya tidak begitu tertarik untuk membahasnya, di samping tidak terlalu jamak, di pasaran juga jarang-jarang orang yang menggunakannya.

Efek yang dihasilkan oleh filter CPL adalah menggelapkan langit dimana dikarenakan awan tidak begitu banyak berubah, kontras antara awan dengan langit akan semakin tinggi. Filter ini juga mengurangi pantulan sinar matahari pada benda sehingga foto yang dihasilkan akan tampak lebih natural dan saturasinya lebih tinggi karena berkurangnya pantulan sinar matahari tersebut.

CPL filter juga dapat digunakan pada macro photography seperti obyek bunga, serangga dan lain-lain yang cenderung memantulkan cahaya matahari kuat. Polarizer juga lazim diaplikasikan pada kacamata yang digunakan oleh para pehobi mancing untuk mengurangi efek glare pada air, sehingga selain kondisi di bawah air akan tampak jelas, mata juga lebih aman karena tidak terpaparkan pada sinar matahari pada jangka waktu yang lama.

Pada pengaplikasiannya, filter ini cenderung banyak digunakan untuk foto-foto landscape dan panorama dengan latar langit yang biru karena pada prinsipnya, polarizer tidak akan banyak berfungsi jika langitnya gelap atau berawan. Langit harus benar-benar cerah dengan pasokan sinar matahari yang memadai.Sekian informasi saya mengenai Apa Dan Bagaimana Filter CPL.

Baca Juga Artikel Berikut Ini




No Responses to “Apa Dan Bagaimana Filter CPL”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Fungsi Filter CPL | Fungsi Filter | Filter CPL | Fungsi CPL | aLdy PutRa | Official Sites - [...] yaitu Fungsi Filter CPL.Setelah beberapa saat yang lalu saya sudah memberikan informasi mengenai Apa Dan Bagaimana Filter CPL itu sendiri.Kali ini saya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = seven

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>