Pengertian Propagasi DNS, Fungsi dan Semua Tentang DNS Ada Disini!

Untuk yang baru berpindah hosting dan mengganti name server, kalian akan dihadapkan dengan yang namanya propagasi DNS, apa sih pengertian propagasi DNS itu sendiri? Pada dasarnya, sebuah domain atau hosting yang terhubung ke server, memerlukan waktu untuk sinkronisasi data yang dikirim dan diterima.

Sebelumnya, beberapa waktu yang lalu gue sudah memberikan informasi terkait bagaimana caranya untuk export database MySql yang sudah lengkap. Saran gue, kalian bisa baca artikel tersebut terlebih dahulu karena artikel tersebut merupakan sebuah dasar tentang propagasi DNS.

Apa Sih Pengertian Propagasi DNS Itu?

Pengertian Propagasi DNS

Banyak orang yang bertanya ketika seseorang memiliki domain, namun ada juga  yang belum bisa mengakses domain nya. Informasi yang menyangkut tentang letak suatu homepage/domain tercatat pada tabel DNS atau nama server.

Record ini diperbaharui setiap Internet Service Provider (ISP) untuk melakukan penyesuaian terhadap perubahan atau tambahan informasi pada lokasi homepage tersebut. Perubahan dari record tersebut yang dinamakan propagasi.

Berlama Lama Propagasi DNS Berlangsung?

Propagasi DNS sendiri biasanya memakan  waktu selama 24-72 jam. Selama periode propagasi ini, ada kemungkinan bahwa pengunjung yang ingin mengunjungi situs anda akan masuk pada site lain (situs anda yang baru di server baru atau yang lama di server sebelumnya).

Setelah ini semua proses perpindahan telah selesai dan informasi telah lengkap maka proses transfer telah selesai. Setelah itu domain anda akan segera dapat diakses. Biasanya hal ini terjadi apabila anda mengubah name server pada domain anda sehingga membutuhkan proses.

Untuk hal ini tentu saja tidak semua orang yang mengakses domain anda akan sama hasil nya, karena setiap ISP berbeda untuk menanggapi respon record baru. Kadang di tempat anda sudah teresolve dengan benar dan bisa dipanggil dengan nama domain anda, kadang ditempat lain masih belum bisa dipanggil sesuai dengan nama domain nya.

Bagaimana Cara Untuk Mempercepat Propagasi?

  1. Lakukan Refresh pada Web Browser Anda. Anda bisa melakukannya dengna menekan CTRL + F5.
  2. Lakukan Cache Web Browser.
  3. Disconnect koneksi internet Anda sementara. Hal ini dilakukan untuk mempercepat dengan mempengaruhi ISP Anda.
  4. Coba anda akses Website lain yang IP addressnya sama (NS-nya sama) dengan Website Anda.

Sekian informasi sederhana saya mengenai pengertian propagasi DNS ini. Semoga apa yang teman-teman cari mengenai propagasi DNS dapat teman-teman temukan dalam artikel sederhana saya mengenai pengertian propagasi DNS.