Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Perbedaan Kamera SLR dan DSLRPerbedaan Kamera SLR dan DSLR – Kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.Setelah beberapa saat yang lalu saya memberikan beberapa informasi mengenai Jenis Lensa Kamera DSLR dan juga saya sedikit curhat mengenai kamera DSLR pada artikel Pengalaman Pertama Menggunakan Kamera Nikon D3100 kali ini saya akan membagikan sedikit Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.

Berikut ini adalah sedikit Perbedaan Kamera SLR dan DSLR yang akan saya berikan untuk teman – teman semua yang sedang mencari artikel mengenai Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.Semoga dengan adanya artikel sederhana ini dapat menambah pengetahuan mengenai Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.

Berikut adalah penjelasan mengenai Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

DSLR (Digital Single Lens Reflex) bekerja dengan sistem digital penuh sejak saat capture obyek foto oleh Image Sensor hingga penulisan pada memory card. Karena itu pada DSLR terdapat lebih banyak tombol dibanding SLR seperti pilihan ISO, White Balance, Preset Scenes, Resolusi dan lainnya, dan yang paling membedakan adalah tersedianya memory slot yang terkadang lebih dari 1.

SLR dalam sistem kerjanya berbeda dengan DSLR, misalnya tidak tersedia pilihan ISO (karena secara otomatis ditentukan oleh casing film yang terbuat dari metal kemudian dicat pada bagian2 tertentu), dan tombol lainnya seperti yang ada pada DSLR.

SLR lebih sederhana, sistem electronicnya hanya berfungsi untuk pengaturan komposisi foto secara otomatik (aperture, speed) bagi profesional pengaturan auto ini justru sering di non aktifkan, selebihnya perintah untuk menggulung film maju atau mundur secara otomatis.

Pada SLR media penyimpan data gambar disimpan pada film 35MM (analog) tidak diperlukan proses digitalisasi, kompresi data sehingga gambar bisa langsung dilihat hasilnya pada film tersebut. Bila ingin memproses foto lebih lanjut gulungan film inilah yang dibawa ke laboratorium cuci cetak foto.

Sedangkan untuk melihat hasil foto pada DSLR kita harus memakai LCD atau monitor PC dan dibutuhkan software untuk bisa melihat hasil foto maupun editing, tetapi inilah keunggulan DSLR sehingga hasil foto langsung tersaji pada LCD yang tersedia pada tiap DSLR. Bila ingin memproses edit dan cetak foto maka tinggal menyerahkan memory card ke laboratorium cetak foto untuk di copy ke PC mereka bahkan kita bisa mem print sendiri di rumah.

Sekian informasi sederhana saya mengenai Perbedaan Kamera SLR dan DSLR ini.Semoga apa yang saya tuliskan disini dapat bermanfaat untuk semua teman – teman yang sedang ingin memiliki kamera digital dan lebih mengetahui mengenai beberapa Perbedaan Kamera SLR dan DSLR.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.



5 comments on “Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

  1. Pingback: Mengenal Istilah Dan Fitur Pada Kamera | Istilah Kamera | Mengenal Fitur Kamera | aLdy PutRa | Official Sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− two = 6

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>