Beberapa Tips Merawat Printer Laser

Beberapa Tips Merawat Printer Laser

Beberapa Tips Merawat Printer LaserBeberapa Laser – Kali ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana  Laser agar printer laser teman – teman semua menjadi awet dan tentunya tidak mudah rusak.Banyak yang tidak tahu mengenai bagaimana Merawat Printer Laser yang baik dan baru beberapa bulan sudah menjadi rusak.Oleh karena itu saya akan memberikan .

Merawat Printer Laser sebenarnya gampang – gampang susah.Kita hanya butuh ketelatenan dan ketekunan dalam melakukan perawatan printer laser ini.Nah,daripada teman – teman semua bingung mengenai bagaimana  ini.Saya akan berikan beberapa caranya.

Berikut ini adalah  yang dapat saya berikan kepada teman – teman semuanya.

  • Jauhkan dari sinar matahari langsung, karena di dalam cartridge printer laser terdapat OPC Drum yaitu suatu komponen yang sangat peka cahaya dan dapat rusak permanen apabila terkena cahaya matahari langsung.
  • Hindarkan menggunakan printer laser dalam lingkungan yang terlalu berdebu, karena debu dapat masuk ke dalam unit laser (scanner) sehingga mengurangi kualitas cetaknya.
  • Hindarkan menggunakan printer laser dalam lingkungan yang terlalu lembab, karena serbuk toner dalam cartridge-nya mudah rusak oleh kelembaban udara yang terlalu tinggi.
  • Jangan menggunakan toner cartridge yang sudah bocor, karena tumpahan serbuk toner dapat menyebar di dalam printer dan menyebabkan kerusakan. Untuk itu sebelum memasukkan toner cartridge ke dalam printer pastikan tidak ada kebocoran serbuk toner.
  • Gunakan media cetak dengan gramatur sesuai dengan spesifikasi printer, media cetak dengan gramatur terlalu tinggi akan memberi beban lebih pada unit pemanas (fuser) sehingga cetakan pada media cetak mudah rontok dan terhapus.
  • Gunakan printer laser dengan daya listrik yang stabil, jika perlu gunakan stabilizer atau stavolt.
  • Jangan memberi beban kerja melebihi spesifikasi printer. Setiap printer laser memiliki duty cycle yang telah ditetapkan oleh produsennya, duty cyclemenyatakan beban kerja printer dalam 1bulan yang dinyatakan dengan pages per month. Misal printer laser dengan duty cycle 10.000 pages per month tidak boleh digunakan mencetak lebih dari itu karena dapat berdampak pada usia pakai komponen cartridge maupun printernya.
  • Jika terjadi paper jam di dalam printer, pastikan kamu melepas toner cartridge-nya terlebih dahulu baru kemudian tarik kertas yang macet di dalam printer, cara menariknya adalah searah jalannya kertas dan tidak boleh sebaliknya.
  • Jangan menggunakan kertas bekas, karena akan mudah mengalami paper jam. Jika Anda ingin mencetak bolak-balik beberapa printer laser memiliki fitur “duplex” yang mempu mecetak bolak-balik sekali jalan.
  • Jika Anda ingin lebih hemat dalam mencetak, kamu dapat menggunakan jasa refill atau membeli cartridge compatible, namun pastikan dulu kualitas refiller maupun compatible yang Anda beli. Penggunaan cartridge refillan dan cartridge compatible yang berkualitas bagus tidak akan merusak printer kamu.

Sekian dulu informasi sederhana saya mengenai Tips Merawat Printer Laser ini.Semoga dengan adanya artikel sederhana saya ini,teman – teman semua dapat mengetahui mengenai Beberapa Tips Merawat Printer Laser.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *