Tutorial Belajar Card Flourish

 

Tutorial Belajar Card Flourish

Tutorial sepertinya sudah banyak beredar didunia maya terutama youtube. Jika masih ada yang bingung mengenai apa sebenarnya card flourish itu sendiri, teman – teman bisa baca pada artikel saya sebelumnya mengenai Mengenal Cardistry Dan Card Flourish.

Sebenarnya,  card flourish sendiri memiliki kesulitan yang amat rumit untuk dikuasai. Jadi butuh waktu untuk dapat memainkannya dan tentunya membutuhkan kesabaran. Bagi yang benar-benar punya niat buat mempelajarinya, dijamin bakal ketagihan dan makin penasaran mempelajarinya.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tutorialnya, ada baiknya saya memberikan sedikit informasi mengenai tips untuk belajar card flourish ini sendiri. Card flourish sendiri emang saat ini mulai digemari oleh banyak kalangan masyarakat, utamanya generasi muda bahkan selebriti, karena skill yang dipertunjukkan memang begitu menghibur. Berikut ini adalah beberapa tips mempelajarinya.

Cari video tutorial yang bagus

Cari tutorial yang dapat mengajari berbagai gerakan atau trik bermain card flourish, kalau bisa carilah video yang dari sudut pandang performer sehingga hal ini dapat memudahkan kita untuk mempelajari gerakan/trik dari card flourish. Contohnya seperti DVD Xtreme Beginners (De’vo) dan Dangerous Motion (Daniel Madison).

 
Cari komunitas atau teman yang gemar bermain card flourish

Belajar secara otodidak dari video tentu tidak akan cukup,jadi ada baiknya carilah teman atau komunitas yang gemar bermain card flourish, dengan begitu teman – teman bisa berlatih bersama mereka secara langsung.

Gunakan kartu yang terbaik

Kualitas kartu tentu akan mempengaruhi kita saat sedang berlatih, jadi carilah kartu yang memiliki kualitas bagus. Pastikan kartu dalam kondisi terbaik, tidak terlipat-lipat, basah atau kotor. Berlatih dengan kartu yang tidak layak akan membuat stres dan jenuh, karena gerakan flourish tidak bisa dilakukan dengan optimal.

Jangan berlatih di depan cermin

Jika terbiasa berlatih di depan cermin, maka teman – teman akan selalu melihat ke pantulan bayangan di cermin. Padahal, saat performance tidak ada cermin di hadapan kita. Ketika bayangan atau pantulan tidak ada, teman – teman akan merasa bingung dan canggung ketika perform di depan khalayak.

Berlatihlah dalam posisi berdiri

Berlatihlah dalam posisi berdiri, karena melakukan flourish dalam posisi berdiri dan duduk sangatlah berbeda (terutama untuk Extreme Card Manipulation). Posisi berdiri lebih nyaman dari pada duduk untuk melakukan flourish. 

Kalau diatas saya sudah menjelaskan bagaimana tips untuk melakukan card flourish, sekarang tentu teman – teman akan tahu perbedaan antara kartu yg satu dengan yang lainnya. Kenapa ?? Karena, kualitas dari masing – masing kartu yang kita punya tentu berbeda satu sama lain. Nah, berikut ini sedikit tips Memilih Kartu Untuk Card Flourish :

Tujuan Penggunaan Kartu

Tentukan dulu apakah anda ingin menggunakan kartu tersebut dalam close-up magic, card flourish, stage manipulation, atau mentalism. Untuk Card Flourish, biasanya dibedakan menjadi satu dek khusus untuk fanning, dan satu dek lain untuk cutting. Akan lebih nyaman menggunakan kartu yang spesial dibuat dengan kualitas untuk mempermudah flourish, seperti Tally Ho atau Smoke and Mirror.

Bahan Kartu

Perhatikan juga bahan dasar kartu. Biasanya kartu Bicycle Standard berbahan dasar kertas, memiliki air cushion finishing. Kartu yang lebih murah biasanya hanya terbuat dari kertas, dengan kualitas lapisan yang lebih rendah. Ada juga kartu yang 100% terbuat dari plastik, yang sangat nyaman untuk berbagai trik double lift dan color change namun tak bisa digunakan sama sekali untuk teknik card crimping atau fanning.

Ukuran Kartu

Tentukan apakah anda ingin menggunakan kartu berukuran Poker (lebar sekitar 6,2 cm) atau ukuran Bridge (lebar sekitar 5,7 cm). Untuk card flourish, walaupun tidak ada peraturan tertulis, namun sepertinya sudah menjadi kesepakatan bersama untuk menggunakan kartu ukuran Poker di dalam video. Perhatikan juga kemungkinan untuk menggunakan kartu ukuran besar (Bicycle Jumbo Deck, 20 cm x 28 cm) untuk show di atas panggung, dengan tujuan kartu bisa terlihat oleh semua penonton.

Oke, mungkin sekian dulu ya untuk pembahasan mengenai bagaimana untuk mempraktekan Card Flourish itu sendiri. Sudah ada beberapa artikel yang saya berikan di blog sederhana ini, semoga teman – teman bisa menambah keahliannya setelah membaca Tutorial .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *