Citra Game Online Di Masyarakat, Mengapa Masih Negatif?

Citra Game Online Di Masyarakat

Citra Game Online di masyarakat memang sangat beragam, mulai dari yang baik sampai yang burukpun sudah menjadi konsumsi publik sampai saat ini. Namun, memang lebih banyak yang berpendapat bahwa game online ini berdampak buruk bagi si pemain itu sendiri. Nah, kali ini saya akan sedikit membahas menurut pandangan saya secara pribadi.

Akhir-akhir ini, memang cukup lumayan banyak yang membahas mengenai game online. Dahulu kala, kita mungkin mengenal beberapa game online seperti ragnarok, gun bound, warcraft dll. Sampai saat ini pun, game online masih tetap eksis dan tentunya sangat beragam orang yang bisa bermain game online.

Citra Game Online

Citra Game Online Di Masyarakat

Sampai detik saya menulis artikel inipun, saya masih bermain game online dan di blog sederhana saya ini saya juga menulis beberapa game yang saya mainkan seperti Dragon Nest Indonesia dan Ragnarok Online 2.

Menurut saya pribadi, game online selain memiliki dampak buruk juga memiliki sisi positifnya. Sama halnya seperti social media, tergantung siapa yang menggunakannya. Beberapa sisi positif dari game online sendiri menurut saya, adalah :

  1. Menambah wawasan mengenai dunia game.
  2. Menambah teman dari seluruh indonesia, bahkan luar negeri.
  3. Belajar bersosialisasi dengan orang yang berbeda sifat dengan kita.
  4. Belajar mengkoordinasi sebuah komunitas (guild) yang kita buat.

Dari keempat hal diatas memang sangat terbanting dengan citra game online yang sudah terbentuk di masyarakat sendiri. Bahwa, game online hanya membuat mata kita rusak, kesehatan terganggu, tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dll. Namun, coba bayangkan ketika kita bisa mendapatkan teman didaerah lain dan kita sedang ada tugas / sekedar jalan-jalan. Kita bisa menghubungi teman yang berada dikota tersebut.

Diawal saya katakan, Tergantung siapa yang menggunakan sama seperti social media. Seorang gamers yang baik, tidak akan merusak kesehatannya sendiri dengan bermain secara berlebihan. Dan saya mendapatkan sebuah quote dari forum kaskus yang berbunyi :

“Gamers are people who play games, not them who are controlled by games”

Kita harusnya mengontrol diri kita untuk bermain sebuah game, bukan game yang mengontrol diri kita untuk mengeluarkan banyak uang, kurang tidur dan berbagai macam dampak negatifnya. Well, itu hanya sebatas pandangan saya mengenai game online. So, bagaimana menurut kalian bagaimana Citra Game Online di masyarakat.

2 Replies to “Citra Game Online Di Masyarakat, Mengapa Masih Negatif?”

    1. Aku typical orang yg kecanduan game online lho mas Ferry, tapi ga sampai separah ketika harus melakukan tindak kriminal dll..

      Tergantung orangnya sih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *