Teknik Foto Long Exposure

Teknik Foto Long Exposure

Teknik Foto Long Exposure

 sebenarnya sudah banyak yang mengetahui. Untuk para pecinta dunia kamera dan fotografi, sudah seharusnya mengetahui mengenai teknik foto yang satu ini. Karena, selain dapat memberikan efek yang bagus pada foto tentu memberikan kesan yang sangat indah pada foto yang kita ambil nantinya.

Untuk melakukan teknik foto yang satu ini, perlu didasari dengan cara memilih shutter speed yang tepat. Selain shutter speed, kita juga harus mengatur yang namanya diafragma dan lain sebagainya. Nah, saya anggap teman – teman sudah mengetahui mengenai pengaturan hal diatas.

Berikut ini dapat saya berikan beberapa panduan menggunakan teknik fotografi long exposure yang bisa dilakukan dengan mudah. Yang perlu diperhatikan terlebih dahulu dalam teknik fotogafi long exposure adalah :

  1. Hampir semua sesi pemotretan menggunakan tripod (atau apa saja yang membuat kamera stabil tak bergerak).
  2. Umumnya pada kondisi cahaya yang lemah bahkan cenderung gelap.
  3. Panduan ini bukan pakem dalam fotografi, panduan ini hanya memberikan cara dan contoh untuk belajar fotografi untuk pemula.
  4. Long exposure memerlukan eksperiman beberapa kali untuk mendapatkan foto yang diinginkan.
  5. Slow shutter speed tidak selalu jelek, contohnya banyak teknik long exposure bisa menghasilkan karya foto yang indah

Nah, dari beberapa informasi yang saya berikan diatas biasanya Teknik  ini menggunakan object Traffic and Night. Berikut ini sedikit tips & trik yang saya bisa berikan jika teman – teman menginginkan untuk melakukan teknik yang satu ini :

  • Lalukan pemotretan dimalam hari dan carilah tempat yang tinggi untuk mengambil sudut foto.
  • Waktu adalah kunci dari teknik fotografi long exposure ini, carilah waktu jalanan cukup ramai.
  • Apabila tidak bisa mendapatkan tempat yang tinggi, anda bisa mengambil foto dari pinggir jalan. Siapkan tripod dan gunakan zoom / tele sehingga seakan-akan kita sedang berada dekat sekali dengan jalan.
  • Bereksperimenlah untuk mendapatkan exposure yang tepat, anda bisa mencoba detail kendaraan yang masih terlihat hingga jejak cahaya dari lampu kendaraan yang tersisa.
  • Waktu yang paling pas adalah pada saat magrib atau subuh menjelang pagi dimana intensitas cahaya masih ada namun tidak gelap sekali.
  • Tempat yang pas untuk mengambil foto biasanya di jalan masuk/keluar pada jalan protokol/utama yang ramai.

Nah, bagi teman – teman yang tidak memiliki kamera yang memadai untuk menggunakan teknik ini namun menggunakan smartphone android. Teman – teman bisa mendownload aplikasi yang bernama  Camera 2. Bisa didapat dari google play pada smartphone secara gratis & bisa langsung mempraktekan .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *