Teknik Foto Long Exposure

Teknik Foto Long Exposure

Teknik Foto Long Exposure

Teknik foto long exposure sudah banyak yang menggunakan, selain teknik bulb dan teknik freezing tentunya. Bagaimana setting long exposure? Kenapa banyak yang menggunakan teknik fotografi yang satu ini? Karena, selain dapat memberikan efek yang bagus pada foto tentu memberikan kesan yang sangat indah pada foto yang kita ambil nantinya.

Untuk melakukan teknik fotografi yang satu ini, perlu didasari dengan cara memilih shutter speed yang tepat. Selain shutter speed, kita juga harus mengatur yang namanya diafragma dan lain sebagainya. Nah, saya anggap teman-teman semuanya sudah mengetahui mengenai pengaturan hal diatas. Bagaimana cara setting long exposure itu? 

Cara Setting Long Exposure Untuk Kalian Ketahui!

  1. Hampir semua sesi pemotretan menggunakan tripod (atau apa saja yang membuat kamera stabil tak bergerak).
  2. Umumnya pada kondisi cahaya yang lemah bahkan cenderung gelap.
  3. Panduan ini bukan pakem dalam fotografi, panduan ini hanya memberikan cara dan contoh untuk belajar fotografi untuk pemula.
  4. Long exposure memerlukan eksperimen beberapa kali untuk mendapatkan foto yang diinginkan.
  5. Slow shutter speed tidak selalu jelek, contohnya banyak teknik long exposure bisa menghasilkan karya foto yang indah.

Dari beberapa informasi yang gue kasih diatas, biasanya teknik long exposure ini menggunakan object traffic and night. Maksudnya gimana? Iya, kebanyakan dari pecinta dunia fotografi menggunakan teknik ini untuk mengambil gambar dari lampu motor dan mobil pada malam hari. Berikut ini sedikit tips & trik yang bisa gue berikan kalau kalian ingin melakukan teknik ini:

  • Lalukan pemotretan dimalam hari dan carilah tempat yang tinggi untuk mengambil sudut foto.
  • Waktu adalah kunci dari teknik fotografi long exposure ini, carilah waktu jalanan cukup ramai.
  • Apabila tidak bisa mendapatkan tempat yang tinggi, kalian bisa mengambil foto dari pinggir jalan.
  • Bereksperimen untuk mendapatkan exposure yang tepat, karena kalian bisa mencoba detail kendaraan yang masih terlihat hingga jejak cahaya dari lampu kendaraan yang tersisa.
  • Waktu yang paling pas adalah pada saat magrib atau subuh menjelang pagi dimana intensitas cahaya masih ada namun tidak gelap sekali.
  • Tempat yang pas untuk mengambil foto biasanya di jalan masuk/keluar pada jalan protokol/utama yang ramai.

Beberapa artikel yang bisa kalian baca mengenai teknik fotografi, yaitu:

Biasanya, dari beberapa kali pengambilan gambar menggunakan teknik yang satu ini. Hanya ada 1 yang memang sesuai dengan keinginan kita. Hal yang menyebabkan ini terjadi adalah paling banyak ada bayangan orang yang sedang melintas ketika kalian mengambil foto. Usahakan, kalian mengambil posisi yang tepat ketika menggunakan teknik foto long exposure untuk hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *