Ketika Copy Paste Menjadi Bencana

Ketika Copy Paste Menjadi Bencana

Copy Paste

Ketika  bagi sebagian blogger, ternyata masih ada banyak blogger yang sangat suka dengan hoby yang satu ini. Copas, sebuah kata atau istilah yang sudah sering teman-teman dengar baik didunia maya ataupun dalam kehidupan dunia nyata. Dengan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, tentu sangat mudah untuk melakukan hal yang satu ini.

Nah, kali ini saya akan sedikit bercerita bagaimana Ketika yang tidak hanya terjadi pada seorang blogger. Banyak diantara teman-teman didalam kehidupan nyata saya, baik perkuliahan, teman bisnis ataupun teman lain yang melakukan copy paste (copas) ini. Tapi, kali ini saya tidak akan bercerita mengenai orang tersebut! Saya akan menceritakan sedikit pengalaman saya pribadi.

Menjadi Bencana

Zaman perkuliahan dulu, tentu kita mengalami yang namanya tugas akhir ataupun skripsi. Hal ini tentu membuat banyak orang kalang kabut karena bingung apa yang akan dibuat untuk menyelesaikan hal tersebut. Sayapun mengalami hal itu, karena saya seorang yang berkuliah dengan jurusan Manajemen Informatika (D3) & Sistem Informasi (S1) saya harus membuat kewajiban saya sesuai dengan bidang saya.

Suatu ketika, saya dihadapkan dengan sebuah pilihan apakah akan membuat sebuah website (tanpa CMS) atau membuat sebuah aplikasi pemrograman yang berbasis desktop. Akhirnya, sayapun membuat sebuah aplikasi berbasis desktop dengan menggunakan Visual Basic 6. Bencana bermula ketika saya melakukan copy paste hasil orang lain dan saya tidak mengerti apa yang harus saya kerjakan dan itu membuat saya bingung setengah mati untuk merubah aplikasi tersebut. Akhirnya, saya memutuskan untuk tidak melakukan copy paste hasil orang lain, dan membuat aplikasi Anti Virus sendiri dan berhasil lulus dengan nilai B. #KetawaPuas

Nah, selain hal diatas saya pun pernah menjalankan hal itu ketika pertama kali bermain dengan blog. Saya melakukan copas dari blog orang lain full tanpa ada editing kalimat dan paragraf satupun. Hal tersebut berjalan selama beberapa waktu, namun apa yang saya dapat? Bukan sebuah hasil yang memuaskan, melainkan sebuah hantaman keras! Mulai dari alexa rank merosot jauh, sampai yang paling fatal adalah blog saya yang lain terkena efek penurunan google rank dari 3 menjadi 0 dan terkena deindex oleh google.

Setelah dua kejadian diatas, saya mulai berfikir. Apa sebenarnya tujuan saya membuat sebuah blog? Membagi informasi kepada khalayak ramai, atau hanya mencari pundi-pundi rupiah dari cara yang menurut saya merugikan orang lain tersebut? Dan ketika saya mendapatkan jawaban tersebut, lantas saya mencoba untuk membuat sebuah konten blog yang bermanfaat bagi orang banyak dengan cara meningkatkan kualitas menulis saya, yang sampai saat ini pun mungkin masih belum maksimal.

Karena keterbatasan tersebut, saya mulai jarang melakukan blogging yang biasanya saya melakukan update post 1 minggu bisa 3-4 kali namun saat ini saya hanya membatasi mungkin 1 minggu 1 kali post dengan tulisan yang original dan berkualitas mungkin ya. Nah, karena bingung dengan ulang blogger yang sering copas atau copy paste ini akhirnya saya membuat sebuah channel youtube sendiri yang saya berinama #WeekdaysMagic. Buat yang belum tahu apa itu #WeekdaysMagic, silahkan lihat 5 Video Populer Weekdays Magic yang sudah saya buatkan.

Nah, untuk artikel tentang copas ini saya sempatkan membuat sebuah video special #WeekdaysMagic yang kalian bisa lihat seperti dibawah ini, silahkan dinikmati ya. Atau kalian bisa melihat di blog saya lainnya mengenai sulap beberapa video lainnya di http://sulap.aldyputra.net/ karena saya belum punya Web Hosting Indonesia & nama domain sendiri untuk #WeekdaysMagic.

Bagaimana? Jika kalian melihat bahwa kalian memiliki potensi lebih dari sekedar menulis, coba kalian eksplorasi keahlian kalian agar membuat para blogger tukang copas kebingungan tidak memiliki bahan untuk mereka copy paste (copas) lagi. Mari bersama-sama kita Berantas Blogger Copas dengan cara yang kita miliki sendiri, kalau saya lebih melakukan video blogging seperti #WeekdaysMagic.


Lomba Blog by : andre.web.id

Sekian dulu tulisan sederhana saya mengenai copy paste (copas) ini. Semoga apa yang saya tulis dalam tulisan ini bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua dan membuat kalian kembali berfikir untuk melakukan copas setelah membaca artikel sederhana saya mengenai Ketika Menjadi Bencana.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Ketika Copy Paste Menjadi Bencana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *