Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Bagi Kesehatan mungkin sudah banyak yang tahu. Namun, bagi teman-teman yang sedang ingin mencari tahu mengenai mentimun/ketimun ini, saya akan membagikan sebuah cerita yang menurut saya ini sih pengalaman pribadi dari saya sebagai penulis blog sederhana ini.

Awalnya, saya memang seseorang yang sangat kecanduan terhadap kopi. Mungkin, dulu saya bisa menghabiskan 4 gelas kopi bahkann lebih dalam sehari. Bayangkan saja, ketika seorang programmer sekaligus gamer hanya itu yang dapat dilakukan ketika sedang stuck terhadap program ataupun game yang sedang dimainkannya.

Tidak terkecuali oleh saya sendiri sebagai penulis. Alhasil, beberapa waktu lalu saya sempat sakit yang memang tidak terlalu parah. Namun, yang membuat saya sendiri cemas terhadap kesehatan saya adalah ketika dokter yang memeriksa saya berulang kali harus melakukan tensi darah saya.

“Wah, mas ini masih muda kok tensinya tinggi banget ya?” sayapun mencoba iseng menanyakan berapa tensi darah saya tersebut. Saya sendiripun terkejut ketika mendengar ucapan dokter “Tinggi banget mas, 160/120” saya pribadi mencoba tetap tenang dan baiklah, saya akan mengurangi rokok dan kopi yang saya konsumsi. Beberapa saran dari dokterpun saya lakukan untuk menurunkan tekanan darah saya.

Sampailah ketika saya membaca bahwa, mentimun atau ketimun dapat menurunkan tekanan darah dan hal itu berhasil saya lakukan dan meskipun masih tinggi, saya tetap mencoba menurunkan tekanan darah tersebut. Nah, berbicara mengenai mentimun atau ketimun ini, berikut ini adalah beberapa manfaatnya selain untuk menurunkan tensi / tekanan darah seseorang :

Promo Genflix 7 Hari
  • Kalori mentimun sangat rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram. Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. megkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit kronis.
  • Kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.
  • Memiliki atribut penyembuhan bagi kondisi yang ada kaitannya dengan penyakit kandung kemih dan ginjal. Kandungan air dalam mentimun yang membantu fungsi ginjal dengan cara mempromosikan buang air kecil. Konsumsi sayuran ini secara teratur juga dapat melarutkan batu ginjal.
  • Masalah pencernaan seperti mulas, asam lambung, gastritis dan bahkan tukak lambung dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi rutin mentimun atau jus mentimun. Enzim yang disebut Erepsin dalam ketimun juga membantu dalam pencernaan protein.
  • Tidak hanya dagingnya, bijinyapun juga sangat bermanfaat. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengeluarkan cacing pita dari dalam saluran usus. Biji juga memiliki sifat anti inflamasi yang efektif untuk pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan .
  • Mentimun / ketimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, mengurangi denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium.
  • Ketimun mengandung antioksidan seperti B karoten, karoten, zea – xanthin dan lutein. Senyawa-senyawa ini bertindak sebagai pembersih radikal bebas yang umum menyebabkan penuaan dan penyakit terkait usia lainnya.
  • Ekstrak mentimun juga dikenal untuk mengurangi peradangan, karena aktivitas enzim inflamasi pro seperti cyclo – oxyenase yang bekerja mencegah produksi oksida nitrat yang menyebabkan peradangan yang berlebihan.
  • Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
  • Sayuran hijau segar ini juga mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Ini adalah 3 lignan sangat terkait dengan pengurangan risiko mengembangkan beberapa jenis kanker seperti kanker payud*ra, kanker usus, kanker ovarium, kanker rahim dan kanker prostat. Ketika kita mengkonsumsi lignan, bakteri yang ditemukan di saluran pencernaan akan ditangkap oleh lignan ini, dan diubah menjadi enterolignans. Enterolignans ini mengikat ke reseptor estrogen, untuk mengurangi estrogen penyakit seperti terkait kanker.
  • Baik untuk mendukung kesehatan gigi dengan mencegah timbulnya bau mulut. Fitokimia yang ada dalam sayuran ini akan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Ambil seiris mentimun dan tekan-tekan ke langit-langit mulut dengan lidah Anda selama 30 detik. Fitokimia akan mematikan bakteri penyeba bau mulut. Mentimun mentah dapat meningkat air liur, dan membawa netralisasi asam dan alkali dalam rongga mulut. Jus sayuran ini juga efektif mengobati penyakit gusi.
  • Ketimun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan mabuk dan sakit kepala. Hal ini karena mereka membantu rehidrasi nutrisi tubuh, serta menghilangkan racun dari asupan alk*hol. Makan beberapa iris mentimun sebelum tidur, vitamin B dan elektrolit dalam sayuran ini akan mengurangi intensitas mabuk dan sakit kepala.
  • Memiliki sifat diuretik ringan karena kandungan kalium dan kadar air yang tinggi. Juga mengandung mangan dan serat yang bermanfaat mengatur tekanan darah, baik darah tinggi dan tekanan darah rendah. Uap yang dihasilkan saat mendidihkan mentimun bisa dihirup untuk pereda stres, menenangkan dan melemaskan otot-otot dan indera.
  • Mentimun mengandung 95 % air yang bermanfaat untuk menghidrasi tubuh dan menghilangkan racun. Kadar air yang tinggi dalam mentimun bekerja sebagai pembersih sistem dan mengeluarkan produk limbah segera keluar.
  • Sayuran ini juga mengandung Vitamin K , dimana yang sangat penting untuk memperkuat tulang dengan mempromosikan aktivitas orthotropic. Tingginya silika juga bermanfaat bagi kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat. Juga merupakan sumber kalsium yang baik, sehingga cocok untuk diet vegan. Mengkonsumsi cukup kalsium juga akan menjaga tubuh keseimbangan hormon dengan mengendalikan pelepasan hormon.
  • Tembaga dalam mentimun membantu neurotransmitter, keluarga kimia otak yang diperlukan untuk berkomunikasi. Hal ini juga membantu menghambat penyakit Alzheimer, dengan cara membatasi kerusakan netral dalam otak.

Nah, sayapun baru mengetahui informasi ini beberapa waktu setelah saya mengalami syok alias kaget ketika saya mendengar tekanan darah yang saya alami mencapai 160/120 tersebut. Alhasil, ketika saya mencoba meminum jus mentimun bahkan mengkonsumsinya, tekanan saya perlahan turun menjadi 140/100 yang cenderung masih agak tinggi. Semoga, teman-teman yang membaca artikel ini dapat bertambah ilmunya mengenai beberapa Manfaat .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *