Pemanfaatan Sampah Organik

Pemanfaatan Sampah Organik

Pemanfaatan Sampah Organik

Setiap rumah perharinya bisa menghasilkan sampah lebih dari 3 kg kalau dirata-ratakan. Ratusan ton tiap harinya sampah diangkut ke tempat pembuangan akhir. Bahkan itu juga belum semua terangkut, masih banyak sampah di jalan-jalan yang belum diangkut dan menjadi pemandangan yang tidak menarik di perkotaan padahal kalau kita mengaca pada Negara lain yang begitu bersih dengan penanganan sampahnya yang begitu disiplin. Negara lain memisahkan antara sampah organik dan non organik.

Sampah organik merupakan sampah sisa makanan yang dapat mudah membusuk seperti daun, sayuran, buah-buhan dan lain sebagainya. Sampah jenis ini bisa kita manfaatkan sebagai pakan ikan, atau juga kita jadikan sebagai pupuk organik yang dapat menyuburkan serta menggemburkan tanah.

Selain itu sampah jenis ini harus dipisahkan dalam tempat yang tidak mudah bocor karena ditakutkan ada cairan sisa pembusukkan makanan yang menetes dan akan membuat lingkungan menjadi tidak enak harumnya.

Kemudian ada juga sampah non organik yang mana sampah jenis ini yaitu sampah yang tidak bisa cepat membusuk seperti plastik, kaleng, dan besi. Sampah non organik bisa dimanfaatkan dengan cara mendaur ulang menjadi barang baru kembali, bisa juga dijadikan kerajinan dan dimanfaatkan untuk hiasan yang mana jika kita rajin dan kreatif dengan sampah pun bisa dijual dan menghasilkan banyak uang. Jika ada sampah non organik yang tidak terpakai , maka kita mesti membakar atau juga menguburnya karena jika tidak dibakar maka tidak akan cepat mengurai.

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *