Ira Koesno

Sahabat JKN Dan Public Speaking

Ira Koesno

Dan  ini merupakan sebuah lanjutan cerita dari artikel saya sebelumnya mengenai Workshop Jaminan Kesehatan Nasional. Bagi yang belum sempat membaca, mendingan baca dulu artikel saya yang satu itu. Disana, saya sudah menjelaskan panjang lebar mengenai apa sih manfaat & keuntungan ketika kita menjadi peserta  (JKN).

Awalnya, saya sempat salah membaca rundown acara yang sudah diberikan oleh panitia #SahabatJKN mengenai materi yang akan dilaksanakan pada malam hari pertama. Saya berpikir, materi tersebut adalah materi penulisan / jurnalistik karena memang mengumpulkan puluhan blogger dalam sebuah acara workshop, namun ketika saya membaca ulang ternyata materinya adalah public speaking yang diberikan oleh mba Ira Koesno (@Irakoesno).

Dari sebagian banyak blogger yang hadir, mungkin sudah mengenai siapa sebenarnya seorang Ira Koesno ini. Tapi, saya yakin beberapa blogger yang membaca artikel ini ada yang belum tahu siapa sebenarnya mba Ira Koesno ini. Oke, sebelum ke materi saya mau memperkenalkan terlebih dahulu, siapa sih beliau sebenarnya?

Ira Koesno adalah seorang mantan presenter dan news anchor di salah satu televisi swasta, sebut saja inisialnya SCTV. Mungkin, beberapa teman masih ingat, ketika di era penghujung ’90-an saat menyaksikan berita siang, Ira Koesno selalu hadir memberikan informasi aktual dengan lugas dan gayanya yang khas. Biar lebih asyik, mending lihat ini aja ya :)

Sekarang, sudah tahu kan siapa mba Ira Koesno? Ternyata, banyak banget yang grogi lho ketika mendapatkan materi public speaking dari mba ira, terbukti.. Dari puluhan blogger yang datang menghadiri acara tersebut, pasti sesekali selalu berbicara menggunakan “eeeee…..” kurang tahu juga karena grogi, atau memang sudah menjadi kebiasaan, untungnya saya ga ditanya apa-apa sama mba Ira, coba kalau ditanya.. Saya jamin, ga bakalan saya keluar kata “Eeeeeee…” kan saya ganti, jadi “Hmmm….” *Peace*

Ketika pertama kali sesi ini dimulai, pertanyaan pertama yg muncul dari mba Ira adalah “Kenapa sih kalian harus belajar public speaking? Kan blogger tidak berbicara, tetapi menulis.” Sebenarnya, mater public speaking ini akan sangat berguna bagi kita semua untuk menjelaskan kembali apa yang kita dapatkan saat kita mengikuti materi workshop mengenai JKN itu sendiri. Meskipun blogger, ya tetap harus bisa untuk menjelaskan kepada orang lain secara verbal. *Cerdas banget gw, TUMBEN!*

Materi Public Speaking Ira Koesno

Dalam materinya mba Ira, beliau menuturkan ada beberapa prinisip dalam public speaking. Diantaranya :

  1. Memahami Subjek yang akan dibawakan
  2. Memiliki Pesan / Tujuan yang jelas untuk disampaikan pada audiens
  3. Memahami karakteristik audiens sebelum menyampaikan materi
  4. Tahu jumlah audiens yang akan hadir
  5. Mempersiapkan penampilan dengan seksama.
  6. Perhatian audiens akan turun setelah 10 menit. Pengulangan hal-hal yang penting harus dilakukan supaya yakin bahwa audiens memang menerima pesan yang ingin disampaikan.
  7. Gunakan tiga point utama pesan kunci, diucapkan sebanyak tiga kali, yaitu di awal, di tengah dan di akhir.
  8. Jangan pernah menghafal isi pidato/presentasi, buat catatan penting saja supaya pada saat berbicara bisa lebih flexible dan hidup.
  9. Tulus dan percaya diri
  10. Sisipkan humor, tetapi hati-hati untuk humor yang menjurus dan humor yang dipaksakan, sebaiknya humor spontan dan positif.

So far, beberapa saya sudah paham dan lakukan karena sudah beberapa kali menjadi pembicara apalagi di acara #Blogilicious *Ceritanya mau pamer gitu.. :P Hahaha.. Padahal kalau disuruh ngomong tetep aja ada Eeeeeeeeee…* tetapi, dari beberapa prinsip yang ada diatas saya jarang sekali melakukan yang no 10 karena memang saya bukan komedian & tidak lucu juga, yang ada malah jadi garing kayak kerupuk ntar :))

Tetapi, dari materi yang diberikan oleh mba Ira saya menangkap hal yang sangat penting untuk diingat yaitu ambilah sebuah pesan kunci yang berada didalam sebuah materi. Mengapa demikian? Karena, dengan mengetahui pesan kunci yang akan kita berikan, kita tidak perlu lagi menghafalkan panjang lebar sebuah materi. Kita tinggal mengingat saja, apa pesan yg akan disampaikan.

Well, semoga apa yang saya berikan kepada teman-teman semuanya dalam sebuah artikel sederhana ini dapat kalian terima dengan baik ya. Btw, sumber foto semua saya ambil dari blognya mba anny. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau ditambahkan, silahkan berkomentar setelah artikel  Dan .

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *