Keuntungan dan Kerugian Knalpot Racing

Pandangan Masyarakat Mengenai Knalpot Racing

Pandangan Masyarakat Mengenai Knalpot Racing

Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di Indonesia, tentu sudah menjadi barang pasti melihat beberapa kendaraan bermotor khususnya kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot racing pada kendaraannya. Namun, tidak sedikit juga bagi para pengguna jalan yang mengeluhkan kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing yang membuat telinga agak sedikit sakit.

Nah, kali ini saya akan sedikit membahas Pandangan Masyarakat Mengenai  yang saya anggap cukup menarik untuk dibahas pada blog sederhana saya ini. Sebenarnya, saya sudah membahas mengenai hal ini pada akun twitter saya menggunakan hastag #CelotehTeRRen malam ini, namun saya akan membahasnya dalam sebuah artikel sederhana menurut pandangan saya pribadi.

Penggunaan

Banyak yang menganggap, kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot jenis tertentu yang bukan berasal dari pabrik sangat mengganggu bagi pendengaran atau menimbulkan polusi suara yang sangat mengganggu. Ada beberapa point yang akan saya bahas dalam artikel saya mengenai knalpot racing ini sendiri.

Seberapa mengganggukah penggunaan knalpot racing ini?

Bagi banyak orang, kendaraan yang menggunakan knalpot racing sangat mengganggu. Namun, pertanyaan yang muncul dalam benak saya adalah lebih mengganggu polusi udara yang ditimbulkan oleh asap kendaraan atau polusi suara yang dihasilkan oleh knalpot ini? Well, saya pribadi justru menganggap polusi udara sangat mengganggu dibanding dengan suara knalpot racing itu sendiri.

Memang, banyak yang menggunakan knalpot ini tanpa diimbangi dengan etika berkendara yang baik. Saya ambil contoh sederhana. Ketika kalian menggunakan knalpot yang lumayan berisik ini, seharusnya tidak menggeber ketika berada didalam pemukiman warga. Sayapun muak dengan typical orang yg seperti ini. Gunakanlah knalpot racing ketika berada di jalan raya.

Promo Genflix 7 Hari

Sebenarnya, ada beberapa keuntungan ketika kita menggunakan knalpot ini. Pengendara lain lebih mendengar suara knalpot yang dihasilkan dibanding dengan suara klakson yang sudah kita bunyikan ketika ingin menandakan bahwa di sebelah/belakangnya ada kendaraan yang akan lewat. Sama halnya dengan kebanyakan orang lebih memperhatikan tangan/kaki yang dilambaikan ketika ingin belok kekiri/kanan dibanding lampu sign yang kita nyalakan. Setuju?

Salahkah menggunakan knalpot racing?

Sepengalaman saya, banyak yang lebih menyalahkan pengendara yang menggunakan knalpot racing. Dengan alasan mengganggu pendengaran dan konsentrasi ketika membawa kendaraan roda dua. Menurut saya, hal ini sebenarnya tidak terlalu berpengaruh besar. Justru, yang lebih berbahaya adalah ketika banyak pengendara yang tak memiliki etika berkendara di jalan raya.

  • Knalpot racing lebih mengganggu dibanding belok kiri/kanan tanpa menggunakan lampu sign.
  • Knalpot racing lebih menggangu dibanding pembuangan kendaraan bermotor yg ngebulnya ga karuan.
  • Knalpot racing lebih menggangu dibanding angkutan umum yg ngetem disembarang tempat.
  • Knalpot racing lebih mengganggu dibanding motor yg menaiki trotoar ketika macet.

Diatas adalah beberapa pendapat masyarakat mengenai betapa mengganggunya knalpot racing itu. Padahal, masih banyak pengendara yang tak beretika yang sangat menggangu seperti yang saya sebutkan diatas. Namun, itu semua seperti tak bermasalah ketika ada pengendara yang menggunakan knalpot racing lewat didepan mereka.

  • Apakah knalpot standard pabrikan bisa menjamin tidak kebut-kebutan dijalan raya? Menjamin mesin motor tidak di naikan CC-nya?
  • Apakah menjamin, tidak menggunakan knalpot racing menandakan etika berkendaranya baik?

2 Pertanyaan diatas yang harusnya kita lihat, apakah menjamin ketika kita tak menggunakan knalpot racing dapat mengimplementasikan 2 hal diatas? Yang seharusnya di hilangkan adalah kendaraan yang tingkat polusinya sudah tak layak lagi. Bukan knalpot racingnya yang harus kita hilangkan.

Diatas hanya sebagian pandangan saya mengenai penggunaan knalpot racing. Kalau diantara kalian banyak yang tidak sependapat dengan yang saya utarakan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnnya. Mungkin, itu hanya beberapa pandangan saya mengenai penggunaan knalpot racing dijalan raya.

Setelah kalian membaca artikel sederhana saya diatas, jika ingin berkomentar silahkan berkomentar jika ada yang tidak sesuai yang kawan. Pesan saya adalah silahkan menggunakan knalpot racing, namun tidak mengenyampingkan keselamatan berkendara kalian dan orang lain. Safety riding sangat diperlukan, jadikan keselamatan sebagai kebutuhan.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


3 comments on “Pandangan Masyarakat Mengenai Knalpot Racing

  1. di eropa klo ga salah, ada pelarangan modifikasi motor, tapi di eropa sono juga ada pelarangan bagi kendaraan yang tidak mengeluarkan suara, kaarena bisa menyebabkan kecelakaan, karena tidak mendengar kendaraan lewat,

     
  2. Pingback: Review Knalpot Racing N0B1 di Honda Revo - Knalpot Racing N0B1 - Review Knalpot Racing N0B1 - aLdy PutRa - Official Sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *