Jenis Iklan Facebook Ads

Pengenalan Dasar Mengenai Facebook Ads

Facebook Ads

Beberapa waktu yang lalu, saya sudah sempat memberikan dua buah artikel sederhana mengenai digital marketing dan juga search engine marketing. Nah, kesempatan kali ini saya mencoba memberikan sebuah hal sederhana lainnya dari dunia tersebut yaitu mengenai facebook ads.

Banyak memang teman-teman yang sudah memulai dan menjalankan bisnisnya melalui facebook ads, namun tidak sedikit juga ternyata yang masih bingung dan belum mengetahui bagaimana sebenarnya Membuat Dan itu sendiri. Sama halnya dengan saya, yang awalnya tidak begitu paham mengenai dunia ini. Tapi, akhirnya saya mempelajari beberapa hal ditempat bekerja saya sekarang.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai untuk memasang facebook ads ini. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah apakah Anda sudah siap dengan sistem pembayaran iklan facebook? Sebenarnya ada beberapa jenis pembayaran dalam facebook ads ini.

Nah, sebelum kita membicarakan mengenai teknis cara beriklan facebook ini, tentunya kita harus mengetahui jenis iklan yang ada di facebook. Berikut ini adalah macamnya :

Jenis Iklan Facebook Ads

  • Page Post Engagement

Mengiklankan posting/status dari fanpage yang kalian menjadi admin di dalamnya. Anda dapat mengiklankan status fanpage berisi konten jualan/branding kepada kuantitas Audience dengan juga kualitas yang Anda inginkan.

  • Page Likes

Mengiklankan fanpage kita untuk tujuan menambah likes.

  • Click to Website

Mengiklankan website untuk mendatangkan traffic/pengunjung dari facebook.

Iklan selain di atas mungkin bagi teman-teman tidak terlalu diprioritaskan. Mengapa? Karena, beberapa jenis iklan yang ada didalam gambar hanya kita gunakan disaat-saat tertentu saja, misalkan ingin menyuruh orang lain mendownload/install aplikasi yang kalian buat atau sedang kembangkan, dll.

Nah, hal di atas merupakan pembagian berdasarkan jenis-nya. Jika kita bagi kembali berdasarkan hal yang diiklankan sebenarnya terbagi menjadi 2, diantaranya :

  • Iklan External.

Mengiklankan website di facebook, artinya kita tidak mengiklankan hal yang berkaitan dengan facebook. Ini bisa dilakukan dengan iklan Marketplace di atas. Tujuannya adalah meningkatkan traffic website dan penjualan serta branding.

  • Iklan Internal.

Mengiklankan hal yang ada di facebook, meliputi fanpage facebook, facebook apps (aplikasi facebook), facebook games. Ini bisa dilakukan dengan semua jenis iklan facebook di atas.

Bagaimana? Sampai sini sudah pusing? Belum? Yuk, lanjut dulu. Sebenarnya, apa sih tujuan kita menggunakan yang namanya facebook ads ini? Sebenarnya, ada 2 hal yang menurut saya sangat relefan dengan hal ini, diantaranya :

  • Meningkatkan Like Fanpage Facebook.

Bisa dilakukan dengan Marketplace dan Sponsored Story

  • Meningkatkan Sales/Brand via Engagement Post (tingkat interaksi fanpage facebook).

Bisa dilakukan dengan Boost Post/Page Post Ads.

Bagaimana? Sudah bingung sampai sini? Lebih baik teman-teman pelajari dulu untuk pengenalan dasar dari facebook ads itu sendiri. Untuk permasalahan teknis bagaimana membuat dan memasang facebook ads ini, akan saya bahas di artikel saya selanjunya. Kalau saya lupa, mohon diingatkan ya teman-teman. Selamat membaca dan mempelajari mengenai facebook ads ya.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *