Aplikasi Pengukur Tingkat Kebisingan Suara

Aplikasi Pengukur Tingkat Kebisingan Suara

Aplikasi Pengukur Tingkat Kebisingan Suara

Bagi para pengguna kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing, tentu bertanya-tanya mengenai bagimana cara untuk mengukur tingkat kebisingan suara knalpot pada kendaraannya. Karena, tidak sedikit orang yang mengatakan jika kita menggunakan knalpot racing suara yang dihasilkan sangat kencang.

Nah, kali ini saya akan sedikit memberikan informasi untuk teman-teman semua yang ingin mengetahui bagaimana sebenarnya untuk mengukur tingkat kebisingan yang dikeluarkan dari knalpot ataupun hal lainnya seperti suara kita saat normal ataupun sedang teriak bahkan ketika sedang bernyanyi.

Bermula dari keisengan mencari sebuah keyword yang berhubungan dengan kerjaan, entah mengapa saya mendapatkan sebuah artikel yang menarik untuk saya baca. Karena berhububungan dengan knalpot racing. Alhasil, saya mendapatkan sebuah Aplikasi Pengukur Tingkat yang bisa digunakan pada android yang kalian miliki.

Sound meter, sebuah aplikasi yang mungkin menurut saya sangat layak untuk kalian miliki. Apalagi, ketika kendaraan yang kalian gunakan sudah diganti knalpotnya. Mengapa? Karena, dibeberapa jalan banyak sekali razia kendaraan bermotor yang menggunakan knalpot racing yang katanya berisik.

Hal ini mengacu pada Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup no. 07/2009 tentang Ambang Batas Kebisingan Kendaraan Bermotor Tipe baru dan UU no. 22/2009 LLAJ yang mengatur bahwa ambang batas kebisingan sepeda motor untuk motor berkapasitas 80cc kebawah adalah max. 85 Desibel (db), sedangkan untuk motor berkapasitas  80-175 cc serta 175 cc keatas maksimal adalah 90 Desibel (db) .

Jadi, kalian wajib membawa aplikasi ini dan mengetes yang namanya suara yang dihasilkan oleh knalpot kalian baik masih dalam keadaan standard ataupun sudah diganti. Berikut ini saya berikan deskripsi singkat mengenai aplikasi Sound Meter ini :

SPL meter (tingkat kebisingan suara) ini menggunakan mic ponsel Anda untuk mengukur besarnya kebisingan dalam desibel (db), dan menunjukkan referensinya. Kami telah melakukan kalibrasi beberapa perangkat android dengan menggunakan alat ukur yang sebenarnya dalam dB(A).

Jadi, bagaimana? Apakah menurut kalian layak dibawa kemana-mana didalam gadget android kalian? Mungkin, kalian bisa juga untuk menggunakannya sebagai aplikasi untuk lomba seperti suara terkencang atau apapun itu, haha. So? Kalau kalian ingin mendownload aplikasi ini, silahkan langsung ke playstore kalian atau menuju link resmi dari Sound Meter.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *