Cara Mendaftar JKN Secara Online

Cara Mendaftar JKN Secara Online

Jaminan Kesehatan Nasional atau lebih dikenal dengan sebutan JKN sepertinya sudah sering teman-teman dengarkan belakangan ini. Apalagi ketika kalian membaca artikel sederhana saya ketika mengikuti Workshop Jaminan Kesehatan Nasional beberapa waktu yang lalu pasti sudah sangat familiar dengan istilah yang satu ini.

Pertanyaan saya yang muncul adalah ketika saya mencoba bertanya kepada beberapa teman, “Bro, lu udah daftar JKN belum?” Dari beberapa yang saya tanyakan, ternyata kebanyakan dari mereka belum mencoba mendaftarkan dirinya dengan berbagai alasan yang mereka utarakan salah satunya adalah “Males bro, antrinya lama banget. Mana padet banget di BPJS sana. Males gw!”

Daftar JKN Online

Sebenarnya, pemerintah Indonesia sudah mencanangkan bahwa kepesertaan JKN itu bersifat WAJIB untuk warga negara Indonesia dan juga warga negara asing yang tinggal minimal 6 bulan di Indonesia. Nah, kali ini saya mencoba memberikan sebuah informasi tentang “gimana sih cara daftar sebagai peserta JKN?” 

Sebenarnya, kita anak-anak muda yang berbakat tentu sering bersentuhan dengan yang namanya INTERNET. Mengapa tidak mencari tahu bagaimana cara mendaftar JKN secara online? Nih, gw kasih tau ya. Pokoknya, sebelum kalian mendaftarkan diri yang paling penting adalah siapin beberapa hal dibawah ini :

  • Kartu Keluarga dan KTP,
  • NPWP Pendaftar, dan
  • Nomor Rekening Bank (Mandiri, BNI atau BRI).

Nah, langkahnya gimana kalau kalian sudah menyiapkan data diatas? Yuk, mari kita lanjut tentang langkah mendaftar jkn secara online ya.

  • Masuk ke situs  www.bpjs.go.id. Biar tidak terlalu lemot, saran saya mah bukanya malam hari aja atau ya terserah kalian sih mau bukanya kapan.
  • Setelah  masuk, klik  menu di sisi kiri halaman website tersebut untuk pendaftaran online.
  • Setelah mngklik menu tersebut kita akan diarahkan untuk  masuk ke  formulir pendaftaran. Tapi kita bisa membaca dulu ketentuan  yang ada di halaman utama, jadi terserah deh mau kalian baca atau ga. Tapi saran saya, lebih baik dibaca terlebih dahulu biar paham.
  • Untuk mengisi  halaman formulir alamat, sebagai tips  untuk mengisi  data kota, kecamatan, dan kelurahan saya  agar pilihannya muncul, jangan klik filter langsung di sebelahnya. Jadi misalnya nih, saya ingin mengisi alamat saya di kota Jakarta. Saat memilih propinsi, saya klik dulu filter di kolom Propinsi, begitupun selanjutnya.
  • Selesai mengisi  halaman  Alamat,  jangan lupa untuk mengisi  halaman Fasilitas Kesehatan Tingkat I.
  • Selesai Mengisi  formulir Faskes,  selanjutnya  tinggal mengisi halaman Nomor Rekening Bank. Ada 3 aftar Bank di sana, yaitu BRI, BNI dan Mandiri.
  • Selesai dari sini, isikan  email dan  kode verifikasi di bagian bawah.  
  • Selesai.

Selanjutnya sistem akan mengirim konfirmasi ke alamat email yang berisi link yang harus diklik yaitu formulir pendaftaran, link untuk mendownload Virtual Account kita. Inilah yang harus diprint dan dibawa  ke Bank  untuk dibayar. Selesai membayar ke Bank  buka lagi email untuk mencetak  e-ID.

e-ID  ini yang harus dibawa  setiap kita akan berobat  ke  Puskesmas/Poli/Klinik atau bahkan saat dirujuk ke RS. Jangan lupa  untuk membawa KTP  karena  nantinya akan dicocokan  data NIK yang ada di e-ID dengan data di KTP. Bagaimana? Simplekan untuk mendaftarkan JKN secara online? Silahkan disebarkan langkahnya ya, yang terpenting kalian mengingat situs resminya yaitu di www.bpjs.go.id. So? Sudah tidak ada lagi kata malas antri untuk mendaftar JKN.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *