Ragi Yang Bagus Untuk Roti Manis

Ragi Yang Bagus Untuk Roti Manis

Ragi Yang Bagus Untuk Roti Manis

Ragi roti atau yeast merupakan bahan yang penting dalam pembuatan roti manis. Sebelum ditemukaannya ragi, jaman dulu orang membiarkan adonan roti di atas batu. Kemudian, adonan tersebut didiamkan beberapa saat hingga mengembang. Hal tersebut disebabkan karena di atas batu terdapat bakteri yang dapat membuat roti mengembang. Namun, beberapa tahun kemudian telah ditemukan dari hasil penelitian sebuah bahan penting, yakni ragi. Bahan ini digunakan terus hingga sekarang.

Tanpa ragi, maka roti rasa manis tak akan bisa mengembang. Ada beberapa jenis ragi berdasarkan bentuknya, antara lain:

  • Ragi instan

Instan yeast ini merupakan ragi yang paling banyak ada di pasaran. Sehingga mudah sekali mendapatkannya. Selain itu, penyimpanannya serta penggunaannya juga sangat mudah.

  • Ragi kering buatan

Ragi jenis ini ada muncul terlebih dahulu sebelum ragi instan. Karena penggunaanya yang kurang praktis serta boros waktu, maka sekarang beralih pada ragi instan.

  • Ragi segar padat

Jenis ini tidak banyak ada di pasaran. Biasanya ragi jenis ini akan langsung dibawa ke bakery dengan produksi masal serta harga yang lebih murah.

Pada umumnya pembuat roti manis menggunakan ragi instan karena penggunaanya yang praktis. Selain, jenis ragi di atas ada pula ragi beku yang tidak dijual bebas. Biasanya digunakan untuk pabrik dengan skala internasional. Keunggulaanya yakni roti lebih tahan lama. Jika anda berminat untuk membuat roti sendiri, cukup gunakan ragi instan maka hasilnya pun akan empuk dan enak.

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Kadang nulis blog ini, kadang juga upload video di aldyputra.net/youtube

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *