Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh Yang Perlu Kalian Tahu!

Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Bagi para pengguna smartphone android, tentu sangat bertanya-tanya bagaimana untuk mengatasi RAM android cepat penuh pada gadget mereka. Namun, tidak sedikit juga yang bisa mengatasi permasalahan tersebut dan tidak sedikit juga yang menganggap hal tersebut biasa saja. Kali ini saya akan memberikan sedikit tips dalam mengatasi RAM android yang cepat penuh tersebut.

Cara Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh

Sebenarnya, apa saja sih penyebab RAM android kalian menjadi cepat penuh? Bagaimana caranya supaya tidak cepat overload? Simpel saja, adanya beragam aplikasi chat yang kalian dapatkan dan kalian aktifkan secara bersamaan inilah yang membuat kapasitas RAM menjadi cepat penuh dan cepat tersedot penggunaannya.

Akibatnya, RAM ini akan langsung berdampak pada smartphone atau gadget yang kalian gunakan menjadi lambat dan mengakibatkan lag saat membuka aplikasi. Tapi, tenang saja karena semua itu ada solusinya. Berikut ini beberapa tips mengatasi RAM android cepat penuh pada gadget kalian:

Matikan Aplikasi

Sudah tahu dong, ya kalau menutup aplikasi tidak akan langsung menutupnya secara total? Aplikasi tersebut hanya sekedar di-minimize saja, jadi meskipun sudah kalian tutup mereka akan tetap memakan RAM gadget yang kalian gunakan. Jadi, usahakan untuk mematikannya dengan cara:

  • Masuk ke Settings
  • Pilih Apps
  • Pilih Running.
  • Di sana terdapat aplikasi apa saja yang sedang Running alias berjalan.
  • Buka aplikasi itu,
  • Lalu klik Stop untuk mematikannya.

Gunakan Aplikasi Tambahan

Xbooster, dulu aplikasi ini bernama Boost My Experia yang dibuat oleh seorang member forum xda dan banyak digunakan pada ROM-ROM Xperia yang muncul kemudian. Sekarang aplikasi ini sudah tersedia secara umum untuk semua gadget berbasis Android dan berganti nama menjadi XBooster.

Fungsi dari aplikasi tersebut adalah melakukan boosting (mendorong) RAM, serupa dengan task killer tapi lebih bagus dari segi performanya. Untuk saat kalian, silahkan kalian dapatkan di playstore dari gadget yang kalian gunakan.

Hapus Aplikasi

Bila tidak terlalu diperlukan, lebih baik Anda menghapus aplikasi yang tergolong memakan RAM besar. Untuk mengecek seberapa besar penggunaan RAM, Anda bisa melihatnya di Settings – Apps – kemudian pilih bagian Running.

Gunakan RAM Manager

RAM Manager tersedia dalam versi gratis dan pro yang bisa didownload di Play Store. Ini berfungsi untuk mengaktifkan profil tertentu untuk manajemen RAM Android sesuai kebutuhan penggunanya. Beberapa profil yang tersedia:

  • More free memory untuk memori bebas yang lebih banyak,
  • Balance for everyday using untuk kestabilan penggunaan setiap hari,
  • Multitasking mode untuk multitasking berat,
  • Mode hard gaming untuk penggunaan game berat.

Sebagai catatan penting untuk kalian ketahui, hampir keempat tips di atas mengharuskan proses root sebelum melakukannya, seperti pada aplikasi RAM Manager dan XBooster. Jadi, bagi kalian yang ingin menjalankannya, disarankan untuk melakukan root pada smartphone yang kalian gunakan terlebih dulu.

Selamat mencoba beberapa tips dan cara mengatasi RAM android cepat penuh yang saya berikan diatas.

2 Replies to “Tips Mengatasi RAM Android Cepat Penuh Yang Perlu Kalian…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *