Semur Bandeng asli Surabaya

Semur Bandeng asli Surabaya

Semur Bandeng asli Surabaya

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep masakan asal surabaya yang bernama semur bandeng. Masakan ini sangat nikmat disantap bersama keluarga. untuk gizi tentunya sangat kaya akan gizi. Ikan sebagai bahan utamanya saja sudah menyajikan protein yang sangat tinggi untuk pertumbuhan anak dan juga memberikan nutrisi untuk tubuh. Penasaran untuk membuatnya ? mari simak resep berikut ini.
Bahan – bahan yang dipersiapkan untuk memasak, antara lain :

  • 500 gram ikan bandeng, dipotong-potong sesuai ukuran yang anda inginkan
  • Kecap manis bango
  • ½ sendok teh air jeruk nipis
  • ½ sendok teh garam
  • 2 butir cengkeh
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • ¼ sendok teh lada putih bubuk
  • ¾ sendok teh gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 sendok makan Minyak goreng untuk menumis

Untuk bumbu halus anda harus menyediakan beberapa bahan seperti 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, ½ sendok teh ketumbar. Setelah bahan telah disediakan semua. Pertama ulek terlebih dahulu bahan – bahan untuk bumbu halus. Setelah halus biar kan sejenak. Selanjutnya lumuri ikan bandeng dengan air jeruk nipis dan juga garam. Ini agar ikan tidak terlalu amis. Diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu tumis bumbu yang sudah halus tersebut di wajan yang ada sedikit minyak gorengnya. Tambahkan pala bubuk dan juga cengkeh, lalu aduk – aduk hingga tercium arom harum. Masukkan bandeng ke tumisan tersebut, lalu aduk rata sejenak. Selanjutnya tambahkan kecap manis bango lalu aduk kembali hingga ikan terbalut rata oleh bumbu – bumbu. Selanjutnya masukkan tomat, lada putih bubuk, garam, gula pasir, dan juga air secukupnya. Masak di atas api kecil hingga ikan benar – benar masak. Setelah itu angkat lalu sajikan selagi hangat.
Itulah salah satu resep masakan yang bisa saya berikan. Selalu gunakan kecap manis bango disetiap masakan anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

Google Cardboard, 3D Virtual Reality Canggih dengan Harga Ekonomis

Di tengah maraknya vendor teknologi yang memproduksi perangkat virtual reality, Google telah terlebih dahulu memperkenalkan Google Cardboard pada tahun 2014 lalu
Bagas Dharma
1 min read

Dengarkan Musik Lewat Smartphone Lebih Seru dengan Speaker JBL

Nyaris setiap ponsel yang diproduksi saat ini memiliki fitur pemutar musik. Hal ini membuktikan bahwa musik merupakan suatu hiburan yang universal.
Bagas Dharma
1 min read

Dagi Stylus Bikin Menulis dan Menggambar di iPad Jadi…

Di era digital ini, menulis atau menggambar tidak lagi hanya bisa dilakukan di atas kertas. Seiring dengan berjalannya waktu, para pengembang teknologi menciptakan inovasi...
Bagas Dharma
1 min read

2 Replies to “Semur Bandeng asli Surabaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *