Semur Bandeng asli Surabaya


ZA Campaign

Semur Bandeng asli Surabaya

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resep masakan asal surabaya yang bernama semur bandeng. Masakan ini sangat nikmat disantap bersama keluarga. untuk gizi tentunya sangat kaya akan gizi. Ikan sebagai bahan utamanya saja sudah menyajikan protein yang sangat tinggi untuk pertumbuhan anak dan juga memberikan nutrisi untuk tubuh. Penasaran untuk membuatnya ? mari simak resep berikut ini.
Bahan – bahan yang dipersiapkan untuk memasak, antara lain :

  • 500 gram ikan bandeng, dipotong-potong sesuai ukuran yang anda inginkan
  • Kecap manis bango
  • ½ sendok teh air jeruk nipis
  • ½ sendok teh garam
  • 2 butir cengkeh
  • 1 buah tomat, dipotong-potong
  • ¼ sendok teh lada putih bubuk
  • ¾ sendok teh gula pasir
  • 500 ml air
  • 1 sendok makan Minyak goreng untuk menumis

Untuk bumbu halus anda harus menyediakan beberapa bahan seperti 3 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, ½ sendok teh ketumbar. Setelah bahan telah disediakan semua. Pertama ulek terlebih dahulu bahan – bahan untuk bumbu halus. Setelah halus biar kan sejenak. Selanjutnya lumuri ikan bandeng dengan air jeruk nipis dan juga garam. Ini agar ikan tidak terlalu amis. Diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu tumis bumbu yang sudah halus tersebut di wajan yang ada sedikit minyak gorengnya. Tambahkan pala bubuk dan juga cengkeh, lalu aduk – aduk hingga tercium arom harum. Masukkan bandeng ke tumisan tersebut, lalu aduk rata sejenak. Selanjutnya tambahkan kecap manis bango lalu aduk kembali hingga ikan terbalut rata oleh bumbu – bumbu. Selanjutnya masukkan tomat, lada putih bubuk, garam, gula pasir, dan juga air secukupnya. Masak di atas api kecil hingga ikan benar – benar masak. Setelah itu angkat lalu sajikan selagi hangat.
Itulah salah satu resep masakan yang bisa saya berikan. Selalu gunakan kecap manis bango disetiap masakan anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


2 comments on “Semur Bandeng asli Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *