Membuat Blog Itu Mudah, Tapi…

Membuat Blog Itu Mudah

Bagi seorang blogger yang sudah berkecimpung lama dengan dunia blog, tentu membuat sebuah blog memanglah mudah. Namun, bagaimana bagi teman-teman yang baru mengenal dunia blog itu sendiri? Tak jarang saya mendapatkan permintaan mengenai untuk mengajari teman-teman yang ingin membuat sebuah blog pribadi.

“Membuat blog itu mudah kok, tapi….” biasanya saya selalu menghentikan perkataan tersebut untuk mereka yang meneruskannya sendiri. Mengapa? Sebelum saya melanjutkan perkataan saya, terkadang saya kembali bertanya “emang blog sama website bedanya apa sih? Tujuan lu ngeblog apa?”

Biasanya, ketika saya bertanya mengenai hal ini beragam jawaban muncul dari mereka. Namun, pada bagian tujuan mereka ngeblog sudah langsung berorientasi pada uang. Karena mereka menginginkan pundi-pundi rupiah masuk kedalam kantongnya sebagai tambahana pemasukan.

Saya selalu berkata, jangan terpaku pada uang ketika kalian memulai sebuah blog. Biasanya, blogger yang baru membuat blog dan berorientasi pada uang akan lebih cepat bosan untuk meng-update blognya. Kenapa? Karena, mereka akan berpikir untuk apa saya update jika saya tidak kunjung mendapatkan pemasukan. Sebuah tujuan yang salah ketika membuat sebuah blog baru.

Semestinya, ketika kita membuat sebuah blog haruslah berorientasi pada memberikan sebuah informasi ataupun curhatan pribadi yang terdapat pesan positif didalamnya. Urusan mendapatkan uang atau apapun itu, silahkan dikesampingkan dulu. Passions menulis dan berbagi yang seharusnya ditanamkan dalam pikiran ketika kita memulai sebuah blog yang akan kita kelola.

Sebenarnya, membuat blog itu sangat mudah. Sudah banyak tutorial yang bertebaran di google atau mesin pencari yang biasa kita kunjungi. Namun, yang tersulit adalah konsisten dalam mengisi blog yang sudah kita buat. Jangan seperti blog sederhana saya ini, hanya diawal beberapa artikel sehari bisa saya update. Belakangan, justru saya asyik menulis di magic corner yang sengaja saya buat untuk dunia sulap.

Well, buat teman-teman yang membaca artikel ini siapapun kalian. Janganlah kita terlalu berorientasi kepada uang atau apapun itu ketika kita ngeblog. Berpikirlah, bahwa apa yang kita tulis dapat bermanfaat atau tidak? Karena sejujurnya, blog sederhana sayapun tidak terlalu bermanfaat untuk kalian. So, ga usah dishare ya artikel ini. Apalagi, kalian sampai berkomentar diartikel ini. Selamat ngeblog, sahabat.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


3 comments on “Membuat Blog Itu Mudah, Tapi…

  1. Pingback: 2 Tipe Blog Yang Harus Diketahui - 2 Tipe Blog - aLdy PutRa - Official Sites

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *