Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan

Energi Alternatif yang Ramah Lingkungan

Saat ini hampir semua negara di dunia sibuk mencari alternatif sumber energi guna mengantisipasi jumlah cadangan energi fosil yang semakin menipis persediaannya. Memang belum semua negara merealisasi pencarian alternatif sumber energi tersebut. Namun setidaknya telah ada bukti konkrit keseriusan beberapa negara dalam memanfaatkan alam menjadi sumber energi yang jauh lebih ramah lingkungan. Poin keramahan untuk lingkungan memang menjadi salah satu prioritas karena bagaimanapun juga setiap negara memiliki tanggung jawab untuk menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup generasi mendatang. Tenaga surya, uap air, panas bumi, gelombang laut, hingga sampah organik yang diubah menjadi biomassa merupakan contoh pemanfaatan alam untuk sumber energi alternatif.

Penemuan sumber-sumber energi baru yang terbarukan juga memiliki banyak manfaat bagi suatu negara selain keramahan lingkungan semata. Manfaat positif tersebut antara lain mengurangi ketergantungan pada sumber energi fosil. Sedangkan dari segi ekonomi alternatif energi terbarukan tentu akan mempercepat pertumbuhan ekonomi negara yang selanjutkan berakibat pada ketersediaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat. Karena itu terobosan sumber alternatif energi tersebut pantas menjadi prioritas. Alternatif yang bisa dipakai adalah energi biomassa yang merupakan materi biologis baik yang tergolong masih hidup maupun sudah mati. Pemanfaatan biomassa biasanya dipakai sebagai bahan bakar untuk kepentingan produksi sektor industri. Namun tidak mustahil pula biomassa dikembangkan lebih jauh untuk alternatif energi.

Berikutnya adalah kebijakan terkait pemanfaatan sumber energi panas bumi. Indonesia sebagai negara yang memiliki banyak gunung berapi terbukti menyimpan potensi panas bumi yang luar biasa untuk energi alternatif. Panas bumi memiliki kelebihan dalam nilai ekonomis dan bebas dari kelangkaan. Kemudian alternatif yang sudah tercatat berperan sebagai pemasok dari 1,5% listrik dunia, yaitu tenaga angin. Hal ini sangat memungkinkan terutama bagi negara yang memiliki wilayah laut luas sehingga banyak menghasilkan angin kencang. Teknologi turbin angin juga sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limah bebrahaya bagi mahluk hidup. Dan sebagai alternatif yang terakhir yaitu memanfaatkan tenaga surya atau matahari.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *