Mengenal Batu Giok Lebih Dekat

Mengenal Batu Giok Lebih Dekat

Mengenal Batu Giok Lebih Dekat

Saat ini jual beli batu cincin tengah booming di masyarakat Indonesia. Bahkan bukan hanya di Indonesia saja, tetapi bisnis batu cincin ini sudah merebak sampai ke luar negeri. Saat ini masyarakat juga mulai tahu bahwa ternyata banyak sekali jenis-jenis batu. Orang awam mungkin mengenal batu cincin ini dengan istilah batu akik, padahal batu akik ini juga hanya salah satu dari berbagai jenis batu cincin.

Nah, salah satu batu yang fenomenal adalah jenis batu giok. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya tertarik untuk mengulik batu giok lebih jauh lagi supaya Anda juga tahu apa sih batu giok itu. Batu giok juga sering disebut dengan jade stone, jenis batu cincin yang sudah terkenal di negeri Tiongkok sekitar 4000 tahun sebelum masehi. Batu ini menjadi salah satu batu yang sangat berharga dan menjadi primadona masyarakat pada zaman kerajaan Tiongkok saat itu, bahkan giok juga menjadi batu tradisional kerajaan Tiongkok.

Di Indonesia sendiri masyarakat juga sudah cukup mengenal batu giok ini. Secara umum batu giok ada dua jenis, yaitu jenis nephrite yang batunya berwarana putih dan jenis jadeite yang biasanya berwarna kehijuan. Akan tetapi batu jadeite terkadang juga berwarna oranye kemerahan atau lavender.

Nah, yang paling banyak beredar di masyarakat adalah jenis batu giok berwarna kehijauan atau yang juga disebut dengan jadeite. Batu ini cukup langka dan juga dianggap batu yang sangat berharga oleh masyarakat. Batu ini juga cukup keras karena tingkat kekerasan batunya mencapai 6,5 – 7 menurut skala keras mohs.

Nah, tahukah Anda kalau batu giok juga punya julukan “the thoughes gemstone?” Artinya adalah batu yang paling kuat diantara jenis batu mulia lainnya. Luar biasa, bukan? Maka dari itu jenis batu ini juga cukup populer dan sering dijadikan sebagai cincin giok atau gelang giok, karena batunya keras dan sangat awet. Bahkan batu giok ini juga sudah cukup teruji lebih kuat dari batu intan, meskipun batu intan juga disebut-sebut sebagai batu mulia yang paling keras.

Bagaimana? Sudah cukup tahu tentang batu giok? Tunggu, ada satu lagi fakta unik tentang batu giok ini. Menurut kepercayaan masyarakat Tiongkok, jika tiba-tiba batu giok ini retak atau pecah berarti akan terjadi sebuah masalah atau kejadian buruk. Seeorang yang memakai batu giok juga dipercaya bisa lebih hoki atau lebih beruntung.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *