Mengenal Jenis Keyword Pada Google Adwords


ZA Campaign

Mengenal Jenis Keyword Pada Google Adwords

Beberapa waktu terakhir saya sedang disibukan oleh kerjaan-kerjaan yang berhubungan dengan dunia google adwords ataupun facebook ads. Namun sepertinya saya jarang menuliskan mengenai google. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan sedikit sharing mengenai dunia google yang baru saja saya dapatkan beberapa waktu lalu.

Sebagaimana kita ketahui, teman-teman yang berkecimpung dalam dunia advertising sudah terbiasa dengan yang namanya keyword planner, display planner, atau apapun yang menjadi alat bantu kita dalam menentukan strategi dalam memasang google adwords itu sendiri.

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan sebuah pelajaran baru dalam menentukan keyword dalam pemasangan google adwords khususnya pada google search network. Biasanya, kita menentukan keyword yang ingin dipasang selalu berdasarkan keyword planner yang menjadi acuan seberapa banyak pencarian yang akan tampil pada sebuah keyword.

Ternyata, selain cara diatas ada beberapa cara lagi untuk memasang sebuah keyword agar hasil pencarian dengan keyword tersebut lebih maksimal. Berikut ini beberapa jenis keyword yang saya dapatkan dari sebuah hasil diskusi yang saya dapatkan.

Broad Match Modifier

Keyword jenis ini memungkinkan keyword yang akan dihasilkan sesuai dengan kata yang kita masukan. Sebagai contoh kita memasukan kata mobil. Contoh penulisan menggunakan tipe keyword ini adalah +Mobil. Bagaimana mengartikannya?

Artinya, ketika seseorang mencari dengan kata apapun, tetapi terdapat kata mobil didalamnya maka iklan yang kita set menggunakan tipe keyword seperti ini akan tampil seluruhnya meskipun tidak relevan dengan apa yang kita iklankan, dan cakupannya menjadi sangat luas.

Negative Keyword

Tipe keyword yang satu ini sebenarnya kebalikan dari Broad Match Modifier itu sendiri. Cara penulisannya adalah [Mobil]. Jadi, setiap kata mobil dimasukan dalam kata kunci yang kita cari makan keyword yang kita masukan tidak akan menampilkan iklan sama sekali.

Exsact Keyword

Keyword yang satu ini memiliki arti dimana apapun yang kita tuliskan harus dalam 1 urutan yang tidak bisa terlepas. Bagaimana penulisannya? Seperti [Mobil Bagus] yang berarti, iklan kita akan tampil ketika ada orang menuliskan lengkap dengan kata Mobil Bagus, selain itu iklan kita tidak akan tampil dimanapun.

Bagaimana? Jadi, sekarang teman-teman sudah tahu beberapa jenis keyword yang bisa digunakan untuk menentukan target kalian ya. Kapan biasanya jenis keyword ini digunakan? Sebenarnya, jenis keyword diatas merupakan bagian dari strategi yang bisa kita gunakan. Kapan waktunya, tergantung dari strategi yang kalian ingin gunakan pastinya.

Nah, semoga apa yang saya tuliskan kali ini dapat bermanfaat untuk kalian yang ingin bermain-main dengan dunia google adwords ya. Kalau ada yang kurang atau salah dalam penjelasan diatas, silahkan berkomentar pada kolom komentar yang sudah ada setelah artikel ini ya, sahabat.

KASIH RATE YUK!

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


4 comments on “Mengenal Jenis Keyword Pada Google Adwords

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *