Tips Memilih MicroSD Untuk Gadget Kesayangan

Tips Memilih MicroSD Untuk Gadget Kesayangan

Tips Memilih MicroSD Untuk Gadget Kesayangan

Beberapa waktu yang lalu, saya sempat menuliskan cerita saya mengenai Pengalaman Menggunakan Lenovo P780. Pada artikel tersebut, saya belum menjelaskan kapasitas yang ada didalamnya mulai dari RAM sampai dengan kapasitas memori eksternal yang bisa dimasukan kedalamnya.

Sebenarnya, ada banyak pabrikan yang membuat Micro SD. Mulai dari Micro SD Transcend, Sandisk, Samsung, VGen dll. Nah, sebenarnya bagaimana sih cara memilih micro SD untuk gadget yang kalian miliki? Berikut ini akan saya berikan kepada kalian bagaimana tips untuk memilih micro SD untuk gadget yang kalian miliki.

  • Beli atau pilih microSD yang mempunyai garansi resmi produsen pembuatnya
  • Pilih ukuran microSD sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Ketahui, atau ukur kecepatan microSD sebelum mebeli
  • Untuk kebutuhan SWAP RAM dan App 2 SD gunakan microSD yang mempunyai nilai kelas 6-10, hal ini untuk mendapatkan performa ponsel yang maksimal.
  • Sesuaikan kemampuan ponsel dengan kelas microSD, sebab tak jarang ponsel justru menjadi hang atau lelet ketika dipaksa menggunakan microSD berkecepatan tingi. Perlu diketahui bahwa semakin banyak file yang disimpan, maka kecepatan baca/tulis microSD akan makin melambat.

Itulah beberapa tips memilih microSD yang bisa saya berikan. Sebagai keterangan mengenai kategori MicroSD berdasarkan Class berikut ini penjelasan lengkapnya. Class adalah sebuah standar yang digunakan untuk menentukan range kecepatan baca/tulis data pada sebuah microSD. Saat ini ada beberapa jenis MicroSD dengan Class yang berbeda berikut ini daftarnya :

  • Class 2 : kecepatan r/w 2 MBps atau 13x
  • Class 4 : kecepatan r/w 4 MBps atau 26x
  • Class 6 : kecepatan r/w 6 MBps atau 30x
  • Class 8 : kecepatan r/w 8 MBps atau 40x
  • Class 10 : kecepatan r/w 10 MBps atau 66x

Semakin tingi nilai class yang dimiliki oleh sebuah microSD maka akan semakin cepat pula ponsel dalam mengakses data di MicroSD tersebut. Saat ini Class 10 menjadi microSD yang tercepat dan tertinggi. Class 10 sangat cocok untuk digunakan bermain game HD asalkan ponsel Android Anda mendukungnya.

Jadi, buat teman-teman yang memiliki gadget baru atau sekedar ingin mengganti MicroSD-nya dengan yang baru. Semoga sekarang teman-teman menjadi tahu, apa sih perbedaan antara Class 4, Class 6 bahkan sampai dengan Class 10.

Nah, sekedar saran saja. Kalau kalian memang ingin yang benar-benar bagus, ada baiknya menggunakan MicroSD Class 10, memang harganya terbilang lumayan mahal dibandingkan dengan class lainnya. Tetapi, untuk dari sisi kualitasnya memang lebih baik dibandingkan dengan class yang lainn. So, selamat berbelanja MicroSD ya sahabat.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Tips Memilih MicroSD Untuk Gadget Kesayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *