Apa Manfaat Membalas Comment di Blog

Apa Manfaat Membalas Comment di Blog

Apakah Anda membalas comment pengunjung blog Anda ? Mungkin banyak yang tidak melakukannya karena menyita waktu. Memang menyita waktu, tapi saran saya, balaslah semua comment karena manfaatnya banyak. Ketika membuat blog, tujuan kita adalah mengkomunikasikan ide dan gagasan kepada pembaca. Gagasan yang baik akan menimbulkan respon, yang umumnya dalam bentuk comment atau komentar dari para pengunjung blog.

Komentar tersebut bisa bermacam-macam jenisnya. Mulai dari komentar, pertanyaan atau kritik terhadap isi blog. Apa yang dilakukan pemilik blog terhadap komentar-komentar tersebut? Saya menanyakan hal ini kepada para pemilik blog yang saya kenal. Ada yang tidak melakukan apa-apa karena tidak punya waktu. Ada yang membaca tapi tidak membalas. Ada yang membalas seperlunya. Ada yang membaca semua comment dan membalas dengan sungsuh-sungguh.

Pengalaman Neil Pattel

Anda pernah tahu Neil Pattel pemilik blog QuickSprout.com.

Pak Neil ini terkenal sebagai salah satu pakar SEO kelas wahid, dengan banyak klien perusahaan global. Penghasilannya jutaan dollar.

Yang menarik dari Neil, jika berkunjung ke blog-nya tersebut, bahwa semua comment dari pengunjung dijawab oleh beliau. Apapun itu pertanyaannya, dia jawab dengan serius dan sungguh-sungguh.

Kenapa dia melakukan ini ? Kenapa Neil yang sudah hebat itu masih mau meluangkan waktu menjawab comment para pembaca blog ?

Di sebuah posting, dia pernah menulis bahwa dia memang sengaja meluangkan waktu setiap hari untuk membalas comments tersebut. Alasannya  satu, dia ingin membina personal relationships dengan para pembacanya.

Menurut dia, dengan punya kedekatan dengan pembaca, dia punya kepuasan pribadi karena bisa membantu dan memahami kebutuhan pembacanya.

Know Your Customers

Know your customers itu adalah jargon marketing modern.

Jika ingin sukses, Anda harus membuat produk yang disukai pelanggan dan untuk tahu apa yang disukai mereka Anda harus mendengar apa mau mereka.

Menurut saya, menjawab comment adalah salah satu cara efektif untuk Know Your Customers.

Pengalaman saya sendiri menjawab comments di blog saya itu memang menyita waktu. Apalagi jika ingin menjawab dengan sungguh-sungguh dengan informasi yang mendalam.

Tapi saya mendapatkan banyak manfaat dari menjawab comments permbaca, sebagai berikut:

#1 Memperbanyak Content

Comment yang kita jawab dengan baik akan dengan sendirinya menambah contents di blog.

Saya beberapa kali mendapati Google menangkap blog saya dari comments. Diskusi atau percakapan di comments ternyata menjadi tambahan contents yang cukup bagus.

#2 Disukai Pembaca

Pembaca senang jika Anda meresponse comment mereka.

Karena tujuan mereka berkunjung adalah mencari informasi. Comment adalah jalan untuk bertanya jika ada yang kurang jelas atau kurang lengkap dari tulisan Anda.

Meresponse comment adalah salah satu cara memberikan informasi tersebut.

#3 Ide Tulisan

Saya menemukan banyak ide untuk menulis dari comments yang dilemparkan para pembaca.

Karena pada dasarnya apa yang mereka sampaikan di comment adalah hal- hal yang mereka tidak dapatkan setelah membaca tulisan di blog. Ini menjadi sumber inspirasi untuk menulis topik berikutnya.

#4 Perlu Anti Spam

Pastikan Anda memasang anti-spam di situs. Tujuannya supaya comments yang masuk bukan spam, sehingga Anda tidak buang waktu menyortir mana comment yang spam dan mana yang bukan spam.

Anti spam akan menghemat banyak sekali waktu Anda. Sehingga bisa fokus menjawab comments yang memang benar-benar diajukan.

Kesimpulan

Buat saya, membaca dan kemudian menjawab comments dari pengunjung adalah bagian dari know your customers. Dengan paham keinginan pembaca, saya bisa membuat tulisan atau artikel yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Jika sudah begitu, tulisan atau blog pasti lebih disukai oleh pengunjung karena isiya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Penulis: Rio Quiserto, Blog Duwitmu | Mengelola Keuangan Keluarga

4 5
Oleh


7 comments on “Apa Manfaat Membalas Comment di Blog

  1. Berkomentar di blog (blogwalking) dengan sesama blogger juga membantu tingkatkan reputasi blog melalui backlink, selama itu natural pasti akan di sukai google. keren blog nya mas. salam blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *