Lensa Tele Untuk Smartphone Kalian

Lensa Tele Untuk Smartphone Kalian

Bagi para pecinta fotografi, memiliki sebuah lensa untuk kamera yang dimilikinya tentu sangat mendukung performa dan hasil foto yang bisa didapatkan. Namun, bagiamana para pengguna smartphone? Apakah perlu juga menambah lensa untuk keperluan mobile photography yang dimilikinya?

Beberapa orang teman saya yang juga pecinta dunia fotografi beranggapan, apabila ingin hasil yang memuaskan ya silahkan mengambil foto menggunakan kamera DSLR daripada harus menggunakan kamera smartphone yang kita miliki. Namun, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa foto yang dihasilkan tergantung siapa yang menggunakan kamera tersebut.

Kedua pendapat yang saya berikan diatas, tidak ada yang salah. Mengapa? Karena, masing-masing orang memang memiliki pemikiran yang berbeda mengenai dunia fotografi itu sendiri. Beberapa waktu yang lalu, saya sempat melihat teman yang menggunakan Lensa Tele Smartphone yang digunakan untuk mengambil objek yang sangat jauh.

Bagaimana hasil yang didapatkan? Tentu tergantung dari kualitas smartphone yang digunakan. Bayangkan, apabila kualitas pixel dari smartphone yang kita gunakan hanya tidak lebih dari 8MP bisa kebayang apa yang akan terjadi ketika menggunakan jenis lensa yang satu ini, penuh noise dihasil jepretan yang mereka lakukan.

Sebenarnya, apapun lensa yang kita gunakan dan medianya pun menggunakan DSLR ataupun hanya sebatas smartphone tetapi kita bisa mengetahui teknik dasar dalam dunia fotografi itu sendiri maka hasil yang akan kita peroleh tentulah bagus. 

Saya melihat, akhir-akhir ini banyak yang sudah beralih menggunakan mobile phone-nya untuk dijadikan sebuah alat dalam melakukan aktifitas fotografi. Mulai dari memfoto makanan, pemandangan atau apapun objek yang dianggap bagus. Tidak heran, mengapa sekarang banyak pabrikan smartphone yang mengeluarkan smartphone yang memiliki kualitas kamera yang pixelnya cukup tinggi.

Namun, diluar itu semua tentu penggunaan DSLR dan mobile phone camera ada pada porsinya masing-masing. Karena, dari kedua kamera yang saya sebutkan diatas memiliki fitur yang berbeda pula. Sebagai contoh, ketika kita ingin mengambil gambar yang sangat jauh, tentu lensa tele DSLR lebih unggul dibanding Lensa Tele Smartphone.

Sekarang, apabila kita ingin menggunakan lensa macro tentu memang lebih unggul dari kualitas gambar yang dihasilkan oleh lensa tele DSLR, tetapi akan lebih simple jika kita menggunakan lensa macro di smartphone yang kita miliki. Nah, semuanya tergantung dari kebiasaan dan bagaimana kalian menyikapi dunia fotografi itu sendiri. Kalau menurut saya? Keduanya bagus, tergantung kita lebih nyaman menggunakan yang mana. So, terima kasih sudah membaca ya 🙂

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata “Terren” yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *