7 Cara Mudah Agar Baterai Laptop Lebih Awet

7 Cara Mudah Agar Baterai Laptop Lebih Awet

Laptop, mungkin beberapa teman sudah tidak asing dengan sebutan tersebut. Banyak juga yang sudah menggunakan alat praktis yang bisa dibawa kemana-mana tersebut, untuk memudahkan kita bekerja dimanapun dan kapanpun.

Permasalahan yang sering terjadi ketika menggunakan laptop yang berumur lebih dari 2 atau 3 tahun adalah baterai yang terasa semakin boros dan lama kelamaan kalian harus menggantinya dengan baterai yang lebih baru. Nah, kali ini saya ingin sedikit memberikan tips bagaimana merawat baterai laptop agar tetap tahan lama.

Bersihkan Laptop

Sepertinya, hal ini yang sangat jarang dilakukan oleh teman-teman yang memiliki laptop dirumahnya. Laptop yang terus menerus digunakan akan mengakibatkan debu terus mengumpul di kisi-kisi ventilasi laptop tersebut. Akibatnya laptop memerlukan kinerja yang jauh lebih keras untuk memproses segala data yang ada pada laptop tersebut. Hal ini akan menguras energi baterai lebih cepat, akibatnya baterai lebih cepat habis dari waktu yang diperkirakan.

Atur Kecerahan Layar

Layar laptop merupakan salah satu sumber yang memakan banyak daya pada laptop. Oleh karenanya dengan meminimalisir penggunaan backlight dari laptop itu sendiri akan menghemat baterai laptop anda.

Matikan WiFi

Mematikan WiFi ketika tidak ada jaringan internet juga dapat menghemat baterai laptop anda. Hal ini dikarenakan modul WiFi akan terus berusaha mencari sinyal secara terus menerus jika tidak dimatikan. Oleh karenanya jika sudah pasti tidak ada jaringan WiFi di tempat tersebut, ada baiknya anda mematikan WiFi untuk menghemat baterai laptop anda.

Atur Power Saving Mode

Setiap laptop pastilah memiliki Power Saving mode untuk membuat baterai laptop semakin efisien dalam penggunaannya. Oleh karenanya atur sesuai dengan penggunaan dan juga kebutuhan anda. Pengaturan ini akan memungkinkan anda mengendalikan seberapa lama layar laptop akan mati ketika dalam posisi idle atau tidak digunakan.

Sleep Mode

Fitur yang satu ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan power saving. Namun bedanya fungsi ini akan mematikan segala proses yang sedang berjalan pada laptop Anda. Namun tidak serta merta menghentikan, hanya saja memberhentikan secara sementara. Ketika laptop kembali aktif, maka semua aplikasi tersebut akan secara otomatis aktif kembali.

Bersihkan Kutub Baterai

Hal ini juga sangat jarang dilakukan oleh teman-teman semuanya. Biasanya kutub-kutub baterai yang kotor dapat menghambat kinerja laptop. Akibatnya penggunaan daya akan semakin boroe jika kutub-kutub tersebut tidak segera dibersihkan. Oleh karenanya bersihkan secara kontinu untuk mengantisipasi borosnya kinerja baterai.

Tutup Program yang Tidak Perlu

Program yang tidak diperlukan justru akan berdampak pada konsumsi baterai laptop anda. Hal ini dikarenakan memory dan prosesor laptop anda akan terus bekerja jika aplikasi tidak dimatikan. Background aplikasi juga harus ditutup untuk menghemat baterai laptop Anda.

Bagaimana? Apakah teman-teman semuanya sudah melakukan hal diatas? Jujur, saya sendiri sangat jarang melakukan hal yang nomor terakhir, yaitu membersihkan kutub baterai yang menempel didalam laptop. Nah, mulai sekarang yuk bersihkan laptop kalian agar baterai yang ada didalam laptop tetah sehat dan bisa awet lebih lama lagi.

About aLdyputRa

Aldy Terren Putra, seorang pria yang dilahirkan dengan selamat di Jakarta beberapa tahun silam. Banyak yang bertanya, apa sih arti dari kata โ€œTerrenโ€ yang berada didalam nama saya tersebut. Banyak yang berasumsi dengan nama tersebut, mulai dari singkatan Tenar & Keren segala dibawa-bawa oleh teman saya. Tapi ya entahlah, itu sih mereka yang membuat singkatan itu ya.

4 5
Oleh


7 comments on “7 Cara Mudah Agar Baterai Laptop Lebih Awet

  1. Selain menghemat baterai, dengan membersihkan laptop bukan hanya baterai. Bisa menambah performa sih. Pengalaman 3 tahun mungkin lebih pertama kali dibongkar dan dibersihin banyak debu menempel, sehingga laptop mudah panas, dll. etelah itu laptop seakan lebih bertenaga. Nah masalahnya buka laptop itu perlu alat semacam obeng-obeng kecil itu yang belum punya sih. Padahal sepertinya udah waktunya bersihin lagi….

    Info yang bermanfaat Om Ter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *