Ini Dia Asal Muasal Ditemukannya Tongsis atau Tongkat Narsis

tongsis

Selfie seolah sudah menjadi kebiasaan dan hobi baru masyarakat modern zaman sekarang. Banyak orang yang membeli smartphone canggih hanya untuk berfoto selfie saja. Bahkan saat ini banyak juga alat-alat tambahan yang bisa digunakan untuk mempermudah proses selfie atau selca (self camera). Seperti tongsis atau tongkat narsis (selfie stick) dan tomsis atau tombol narsis. Terutama tongsis, ternyata ada sejarah menarik di balik ditemukannya tongkat untuk berfoto tersebut. Pasalnya alat ini ternyata ditemukan oleh orang Indonesia dan pertama kali diciptakan di Jepang tahun 1995 silam.

Tongkat narsis ini ditemukan oleh seorang Indonesia bernama Anindito Respati Giyardani. Bahkan saking fenomenalnya, ternyata tongsis masuk dalam jajaran temuan terbaik tahun 2014 oleh majalah TIME. Alat berupa tongkat penopang dan penahan ponsel tersebut mampu bersanding dengan Apple Watch, Hoverboard dan Printer 3D. Anindito Respati Giyardani atau yang juga biasa dipanggil Babab ini adalah orang yang pertama kali punya ide gila untuk membuat tongkat ajaib ini. Kegilaan pria yang juga akrab dipanggil Kang Babab ini ternyata diawali hobinya bermain media sosial. Dalam sehari, ia bisa menghabiskan 10 jam hanya untuk melihat medsos.

Saat itu istilah selfie sedang populer, dan Kang Babab pun memiliki berbagai macam akun media sosial. Pengalaman berjalan-jalan ke Thailand ternyata menjadi salah satu pemicu munculnya ide terciptanya tongsis. Saat itu Kang Babab kesulitan meminta bantuan orang untuk mengambil fotonya. Awalnya Kang Babab hanya mencoba meletakkan ponselnya di monopod, namun semakin lama ia membuat konsep yang lebih matang dan terciptalah tongsis. Pada sebuah pertemuan dengan komunitas Iphonesia, Kang Babab mulai memperkenalkan konsep ideal tongkat narsis. Saat itu ia menyebutnya tongkat ajaib yang memungkinkan seseorang ber-selfie ria dari sudut pandang atas.

Teman-teman komunitasnya pun mulai tertarik dan memesan tongsis kepada Kang Babab. Bahkan Ibu Ani Yudhoyono yang saat itu masih menjadi ibu negara juga menggunakan tongkat narsis ini. Setelah itu orderan yang diterima Kang Babab pun semakin ramai. Akhirnya pada tahun 2012 lalu, Kang Babab dibantu dengan temannya mendaftarkan hasil temuannya tersebut supaya memiliki hak paten. Bahkan sampai dipatenkan ke Amerika Serikat. Luar biasa, bukan? Sekarang Anda tahu kalau ternyata tongsis yang populer di seluruh dunia itu ternyata ditemukan oleh orang Indonesia. Jadi Anda perlu bangga jadi orang Indonesia!

4 5
Oleh


2 comments on “Ini Dia Asal Muasal Ditemukannya Tongsis atau Tongkat Narsis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *