Macam-Macam Case yang Bisa Melindungi Smartphone Kita

smartphone waterproof case

Keberadaan smartphone saat ini semakin menggeser eksistensi handphone standar di pasaran. Akan tetapi menurut saya masih banyak orang yang belum memahami sepenuhnya bagaimana cara menggunakan dan merawat smartphone dengan baik. Pasalnya tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone lebih rentan rusak ketimbang handphone standar. Coba Anda bandingkan ponsel Nokia 3210 dengan smartphone android atau iPhone yang banyak digunakan saat ini. Jika terjatuh, pasti Nokia 3210 lebih ampuh dan tidak akan mudah rusak.

Oleh karena itu dibutuhkan cara-cara tertentu untuk bisa melindungi smartphone supaya tidak mudah rusak. Salah satunya adalah melindungi bagian luar smartphone menggunakan berbagai macam case atau casing. Sebuah aksesoris tambahan yang fungsinya melindungi ponsel dari benturan, goresan atau dari kotoran. Secara umum ada beberapa jenis case yang bisa Anda pilih sesuai fungsinya, yaitu hardcase, softcase, flip cover, folio case, puch case, dan smartphone waterproof case. Ok. Supaya Anda tidak bingung, saya akan bahas satu per satu fungsi beberapa macam case tersebut.

Yang pertama hardcase, sesuai dengan namanya case ini terbuat dari bahan yang keras. Misalnya alumunium atau sejenis plastik fiber. Dari segi tampilannya, hardcase biasanya terlihat lebih kokoh dan elegan. Jenis case ini sangat cocok melindungi smartphone dari berbagai benturan supaya tidak mudah retak atau pecah. Kemudian ada juga jenis softcase, jenis case yang paling banyak dicari saat ini. Selain lebih ringan, warna dan variasinya pun lebih banyak. Softcase biasanya terbuat dari bahan karet, silikon atau busa. Fungsinya sama seperti hardcase, yaitu untuk meredam benturan. Sayangnya jenis softcase ini cenderung lebih mudah kotordan sifatnya menahan panas sehingga kurang baik efeknya untuk smartphone kita.

Jenis case selanjutnya ada flip cover, yang fungsinya menutup bagian belakang smartphone sekaligus berperan sebagai pelindung layar. Umumnya flip cover terbuat dari bahan plastik fiber. Flip cover mirip dengan folio case, fungsinya sama, hanya saja untuk memasang folio case kita tidak perlu melepaskan back casing asli smartphone kita. Sedangkan puch case juga sering disebut dengan sarung ponsel. Dan tentu saja fungsinya untuk menyimpan ponsel. Misalnya saat diletakkan di dalam saku atau di dalam tas sehingga bagian depan dan belakang smartphone kita bisa terlindungi.

Sedangkan case yang tengah populer saat ini adalah smartphone waterproof case, case yang bisa dipasang pada smartphone supaya bisa digunakan untuk beraktivitas di dalam air. Dengan demikian Anda tidak perlu khawatir lagi saat ingin mengambil foto atau merekam video di dalam atau di permukaan air. Casing ini secara umum terbuat dari polycarbonate yang elastis dan memiliki anti UV sehingga membantu kamera menahan silau sinar matahari. Nah, itu tadi beberapa jenis casing smartphone yang mungkin saat ini sedang Anda butuhkan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

4 5
Oleh


4 comments on “Macam-Macam Case yang Bisa Melindungi Smartphone Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *