Fotografi dengan Kamera Ponsel? Siapa Takut!

universal clip lens

Banyak sekali orang yang mulai latah dan ikut-ikutan membeli kamera DSLR hanya karena gengsi. Padahal cara memakainya pun tidak bisa. Memang tidak salah, namun ada baiknya jika Anda punya kamera DSLR, manfaatkanlah dengan baik. Gunakan dengan benar dan dengan cara-cara yang benar pula. Mengingat harga kamera DSLR yang memang relatif mahal. Bagi Anda yang hobi fotografi namun belum mampu untuk membeli kamera DSLR, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa memanfaatkan kamera ponsel Anda.

Kamera ponsel? Ya, tentu saja, mengapa tidak? Saya sebenarnya tidak terlalu paham mengenai dunia fotografi. Namun saya pernah membaca sebuah tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda apbila saya share di sini. Ok. Jika sebelumnya saya juga pernah menyampaikan beberapa tips fotografi dengan kamera ponsel, kali ini saya akan memberikan beberapa tips lainnya.

Pertama, Anda mungkin bisa menggunakan universal clip lens. Lensa kamera ponsel yang bisa diganti-ganti layaknya kamera DSLR. Bahkan lensa ini bisa diterapkan pada semua jenis smartphone. Mulai dari jenis lensa fish eye, macro hingga kamera wide. Cara penggunaannya pun mudah, yaitu tinggal dijepit. Coba manfaatkan beberapa macam lensa tersebut untuk mengambil gambar yang terbaik.

Jika Anda ingin mendapatkan hasil foto yang baik, jangan hanya lakukan snapshot atau asal jepret saja. Coba perlakukan ponsel Anda layaknya kamera DSLR, dan ambil foto sebagus mungkin. Untuk mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik, mungkin Anda bisa mencari sudut-sudut pandang yang ekstrim dan tidak biasa. Jika sudah mendapatkan foto yang terbaik, lalu apa lagi?

Langkah selanjutnya adalah memilih aplikasi untuk mengolah foto di smartphone Anda. Meskipun hasil jepretan Anda sudah bagus, namun aplikasi sebagai pihak ketiga biasanya juga menawarkan efek-efek tertentu yang bisa membuat hasil foto Anda lebih menarik. Banyak sekali aplikasi-aplikasi gratis yang tersedia untuk mempercantik hasil jepretan Anda.

Contohnya seperti filter, yang bisa diibaratkan sebagai “penyedap” foto. Bagi Anda yang sering mengunggah foto ke Instagram, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan berbagai jenis filter. Yang perlu Anda pahami adalah tidak semua filter cocok untuk sebuah foto. Anda harus memilih yang paling tepat dan menerapkannya secara tidak berlebihan. Sama halnya seperti makanan, jika penyedapnya terlalu banyak justru rasanya tidak akan enak.

So, sepertinya kali ini sekian saja tips yang akan saya sampaikan. Mungkin sangat sepele, namun banyak orang yang kurang memerhatikan beberapa hal yang tadi saya sampaikan. Oleh karena itu saya hanya sekadar mengingatkan dan saling berbagi informasi kepada Anda. Sekian dulu artikel kali ini dan sampai jumpa di lain kesempatan.

4 5
Oleh


2 comments on “Fotografi dengan Kamera Ponsel? Siapa Takut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *