Beberapa Fakta Tentang Perangkat Mouse Wireless

Beberapa Fakta Tentang Perangkat Mouse Wireless

Seiring dengan berkembangnya teknologi, mouse komputer pun bentuknya mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dahulu Anda mungkin sangat akrab dengan mouse yang memiliki bola di bagian bawahnya dan warnanya monoton. Beberapa tahun kemudian mulai muncul mouse optic, di mana Anda tidak akan menemukan benda seperti bola kecil lagi di bagian bawah mouse. Bentuknya lebih praktis dan warnanya pun lebih variatif sehingga pilihannya lebih banyak.

Mouse pun semakin berkembang, sehingga sekarang sudah banyak produsen elektronik yang menciptakan mouse nirkabel atau wireless. Artinya, Anda tidak akan menemukan kabel lagi pada mouse tersebut. Hal ini tentu akan memberikan Anda kenyamanan lebih, karena gerakan mouse lebih leluasa dan tidak terbatas dengan panjang kabelnya.

Jadi jangan heran juga kalau mouse wireless ini harganya pasti lebih mahal. Kami pun punya rekomendasi bagi Anda yang ingin membeli mouse nirkabel, yakni mouse Logitech M238 Colorful Play. Mouse yang satu ini benar-benar menggambarkan sebuah mouse modern dan penuh warna. Nah, bagi Anda yang belum tahu banyak tentang mouse wireless, berikut ini adalah beberapa fakta di balik kecanggihan mouse wireless.

  1. Tidak ada Kabel

Seperti yang tadi sudah saya sampaikan, mouse yang satu ini nirkabel alias tanpa kabel. Jadi teknologi mouse ini menggunakan dua komponen tambahan sebagai pemancar dan penerima. Anda bisa lebih leluasa menggunakan mouse wireless, karena gerakan Anda tidak akan terbatas panjang kabel.

  1. Teknologi Bluetooth, Infrared dan RF

Umumnya mouse nirkabel ini menggunakan tiga jenis teknologi yang digunakan sebagai penghubung antara komputer dan mouse. Tiga jenis teknologi tersebut adalah bluetooth, infrared dan RF (Radio Frequency). Tapi untuk produk mouse wireless yang terbaru kebanyakan sudah menggunakan teknologi bluetooth dan RF. Sedangkan mouse yang menggunakan teknologi infrared sudah dianggap ketinggalan zaman.

  1. Optical atau Laser

Jika pada mouse generasi pertama ada benda seperti bola kecil di bagian bawahnya, untuk mouse wireless ini menggunakan teknologi optical dan laser sehingga performanya semakin mantap. Tapi sejauh ini mouse dengan teknologi laser masih lebih baik ketimbang mouse optical, terutama dari segi respon time-nya.

  1. Harus Install Driver

Nah, diantara beberapa kelebihan mouse wireless, ada satu kekurangan yang perlu pertimbangkan. Pasalnya mouse nirkabel ini tidak seperti mouse standar yang fiturnya plug and play. Anda perlu menginstal software driver-nya terlebih dahulu supaya mouse bisa digunakan pada komputer Anda.

  1. Tenaga Listrik Ekstra

Satu lagi yang menjadi kelemahan mouse wireless, yakni membutuhkan tenaga listrik ekstra sehingga Anda juga perlu menyiapkan baterai untuk mouse-nya. Ukuran baterainya AA, jadi jangan heran kalau mouse wireless lebih berat ketimbang mouse kabel. Tapi jangan khawatir, penggunaan baterai bisa dihemat setelah penggunaan mouse sudah cukup lama.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan mouse nirkabel atau wireless? Memang sih, ada beberapa kekurangannya, tapi mouse yang satu ini menurut saya menawarkan lebih banyak kelebihan dan kenyamanan. Seperti yang tadi kami sudah rekomendasikan, Anda bisa memilih mouse wireless Logitech M238 Colorful Play yang banyak sekali variasinya. So, sekian artikel kali ini dan sampai jumpa di lain kesempatan.

4 5
Oleh


2 comments on “Beberapa Fakta Tentang Perangkat Mouse Wireless

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *