Kelebihan dan Kelemahan Baterai Double Power untuk Gadget Anda

Kelebihan dan Kelemahan Baterai Double Power untuk Gadget Anda

Baterai merupakan salah satu komponen penting pada sebuah gadget, karena baterai ibarat seperti nyawa untuk gadget Anda. Namun demikian, baterai juga menjadi salah satu komponen gadget yang paling mudah rusak. Yang menjadi penyebab utama biasanya adalah cara charging yang tidak sesuai aturan. Anda pasti sering menggunakan ponsel Anda sampai di-charge? Nah, sebaiknya Anda hindari aktivitas tersebut karena bisa membuat baterai lebih cepat rusak.

Salah satu akibatnya kalau baterai sudah rusak adalah baterai menjadi lowbat atau cepat rusak. Anda pun harus membawa power bank kemanapun Anda pergi supaya tidak kehabisan baterai di tengah jalan. Tapi kalau Anda tidak mau repot membawa power bank saat bepergian, jalan keluar lainnya adalah dengan menggunakan baterai double power. Biasanya kapasitas baterai dengan daya ganda ini bisa bertahan cukup lama. Meskipun sebenarnya baterai seperti itu punya kelebihan dan kekurangan.

Di pasaran ada banyak sekali baterai double power dengan berbagai kualitas dan kapasitas. Namun hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah, Anda harus cari baterai yang tipenya sesuai dengan baterai ponsel Anda. Oh iya, satu lagi, baterai ini tentu tidak bisa digunakan pada gadget yang baterainya non-removable alias tidak bisa dilepas. Tapi sayangnya kebanyakan orang mudah tergiur dengan kapasitas yang ditawarkan, tanpa melihat bagaimana kualitasnya. Ini jelas akan membahayakan kondisi gadget Anda sendiri.

Saran saya supaya Anda lebih berhati-hati, terutama ketika Anda membeli secara online. Kelebihan menggunakan baterai double power ini memang bisa membuat gadget Anda bertahan lebih lama. Dan menurut saya, kelebihan penggunaannya hanya itu saja. Di sisi lain baterai jenis ini lebih berisiko merusak gadget Anda. Apalagi kalau Anda membeli produk yang abal-abal dan murahan. Sebelum menulis artikel ini saya sudah melakukan sedikit survey di Google mengenai masalah penggunaan baterai dengan kapasitas double ini. Mengingat kebanyakan orang saat ini lebih tertarik untuk membeli berbagai macam barang secara online.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah, jangan berasumsi kalau dengan memakai baterai double power maka akan berpengaruh banyak terhadap daya tahan gadget Anda. Bisa jadi seperti itu, tapi belum tentu semua baterai berkapasitas double akan memberikan efek positif terhadap gadget Anda. Misalnya baterai original gadget Anda berkapasitas 1150 mAh, biasanya pengguna akan membeli baterai dengan kapasitas 1600 mAh atau lebih besar. Selisihnya cukup lumayan, padahal size baterainya sama persis dengan baterai original Anda.

Bagaimana bisa seperti itu, ya? Coba sekarang Anda pikir baik-baik, bagaimana baterai double power bisa memiliki kapasitas yang lebih besar ketimbang versi originalnya padahal ukuran dan bentuknya sama. Ok. Analogi sederhananya begini, apakah Anda pernah mencari minuman yang botolnya berkapasitas 1 liter tapi isinya 1,5 liter? Nah, tidak mungkin, bukan? Mungkin bisa saja, karena ada pabrik yang memiliki teknologi canggih. Tapi kebanyakan produk double power yang dijual di pasaran biasanya kapasitasnya jauh lebih kecil ketimbang yang tertera pada label.

Kalau Anda tetap memaksakan menggunakan baterai tersebut di gadget Anda, risikonya cukup besar. Selain baterainya yang cepat rusak lagi, gadget Anda pun bisa lebih cepat rusak. Terutama dari segi hardware atau perangkat kerasnya. So, saran dari saya adalah, lebih baik Anda jaga baik-baik baterai original gadget Anda. Kalaupun perlu mengganti, gantilah dengan baterai original, bukan yang KW alias abal-abal.

4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *