Mengenal Beberapa Jenis Headset yang Ada di Pasaran

Mengenal Beberapa Jenis Headset yang Ada di Pasaran

Mengenal Beberapa Jenis Headset yang Ada di Pasaran

Headset merupakan media tambahan yang biasanya digunakan untuk mendengarkan audio secara lebih personal. Jadi bisa dibilang headset ini adalah perangkat untuk mendengarkan audio tanpa mengganggu orang di sekitar Anda. Bentuknya pasti Anda sudah sangat familiar sekali. Headset sama halnya seperti speaker, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil dan frekuensi suaranya juga tidak besar. Sehingga untuk bisa mendengar audio yang keluar dari headset Anda harus mendekatkan alat tersebut ke telinga.

Selain terdiri dari kabel yang memiliki dua cabang dengan speaker kecil di ujungnya, di ujung lainnya juga terdapat jack audio yang berfungsi untuk menyambungkan headset dengan perangkat lainnya. Mulai dari smartphone, tablet, laptop, dan sebagainya. Headset sendiri terbagi menjadi beberapa macam kategori. Dan berikut ini adalah beberapa kategori headset.

  1. Headphone

Jenis headset yang pertama adalah headphone, yakni perangkat untuk mendengarkan audio yang bentuknya seperti bando. Kemudian di kedua sisinya terdapat speaker kecil untuk ditempelkan ke telinga. Sebenarnya headphone berbeda dengan headset, karena headset merupakan perangkat gabungan antara headphone dan microphone. Biasanya alat ini digunakan oleh seorang customer service. Sedangkan headphone tidak dilengkapi dengan microphone.

  1. Backphone

Backphone juga dikenal dengan sport headset. Sebuah perangkat untuk mendengarkan audio yang memang dirancang khusus untuk dipakai saat berolahraga. Jika biasanya headphone dilingkarkan di atas kepala, backphone dilingkarkan di belakang kepala. Bentuk sepaker di sisi kanan dan kirnya juga earfit atau pas untuk dilingkarkan dan digantungkan pada daun telinga. Dengan demikian, headset jenis ini tidak akan mudah terlepas dari telinga meskipun Anda aktif bergerak.

  1. Earphone

Berbeda dengan headset ataupun backphone, earphone tidak dilengkapi dengan bagian yang melingkar di atas atau di belakang kepala. Melainkan hanya dilengkapi dengan kabel yang kemudian terbagi menjadi dua cabang. Di masing-masing ujung cabangnya terdapat satu speaker kecil yang bisa berjenis In Ear Monitor (IEM), Earbud ataupun Earfit. Penggunaannya pun tidak hanya sekadar ditempel atau digantungkan di dekat telinga saja, tetapi speaker kecilnya harus dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Iitu dia beberapa jenis headset yang biasa dijual di pasaran. Semoga setelah ini Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli headset. Pasalnya setiap jenis headset memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *