Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

MicroSD adalah memori eksternal yang biasanya digunakan pada beberapa perangkat gadget, mulai dari kamera digital, MP3 Player bahkan smartphone juga membutuhkan microSD meskipun sudah dibekali dengan memori internal. Dengan tambahan microSD, Anda bisa memperluas kapasitas penyimpanan di ponsel Anda. Selain itu Anda juga bisa meminimalisir risiko kehilangan data saat Anda menyimpan data di microSD.

Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda memilih microSD untuk smartphone Android Anda. Pasalnya selain digunakan sebagai media penyimpanan, microSD juga berguna untuk menginstal aplikasi di ponsel Anda bahkan bisa difungsikan sebagai penopang RAM. Untuk itu Anda perlu memilih microSD dengan kualitas terbaik supaya bisa digunakan secara maksimal. Nah, berikut ini sudah saya rangkum beberapa tips jika Anda ingin membeli dan mendapatkan microSD berkualitas.

  1. Garansi Resmi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan paling awal saat membeli microSD adalah apakah produk tersebut memiliki garansi resmi atau tidak. Saya punya rekomendasi satu produk microSD yang sudah terbukti kualitasnya, yakni micro SD Vgen. Namun demikian, untuk hasil yang maksimal Anda perlu memilih produk Vgen yang bergaransi, karena di pasaran banyak sekali dijual produk Vgen yang tidak bergaransi.

  1. Sesuaikan Kapasitas Memori

Selanjutnya Anda perlu menyesuaikan kapasitas memori dengan kebutuhan dan kemampuan ponsel Anda. Setiap ponsel pintar pasti memiliki batas maksimal untuk penambahan microSD. Pada umumnya, smartphone membatasi kapasitas memori eksternal minimal sampai 32 GB. Tapi tak sedikit juga smartphone yang mendukung tambahan microSD mencapai 64 GB atau 128 GB.

  1. Perhatikan Class-nya

Setiap microSD memiliki class yang berbeda-beda, mulai dari class 6 sampai 10. Semakin tinggi class-nya maka performa memorinya akan semakin maksimal. Tapi jangan heran kalau harganya pun pasti akan lebih mahal. Micro SD Vgen yang biasa dijual dengan harga murah pasti class-nya rendah. Jadi jika Anda ingin microSD yang digunakan berpengaruh banyak terhadap performa smartphone Anda, pilihlah class terbaik.

  1. Sesuaikan Class dengan Ponsel

Meskipun class cukup mempengaruhi kualitas microSD dan performa smartphone, tapi Anda juga harus mengingat bahwa tidak semua microSD dengan class tinggi cocok dengan semua jenis smartphone. Terkadang ada smartphone yang justru lebih cocok menggunakan microSD class rendah atau menengah.

So, itu dia empat tips yang bisa Anda lakukan saat Anda ingin membeli microSD untuk smartphone Anda. Tapi perlu Anda pahami, bahwa terkadang microSD dengan class tinggi pun kecepatannya bisa semakin melambat. Hal ini disebabkan karena data yang tersimpan di memori semakin penuh. Sekian tips kali ini dan semoga bermanfaat.

4 5
Oleh


2 comments on “Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *