Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

MicroSD adalah memori eksternal yang biasanya digunakan pada beberapa perangkat gadget, mulai dari kamera digital, MP3 Player bahkan smartphone juga membutuhkan microSD meskipun sudah dibekali dengan kartu memori internal. Dengan tambahan kartu memori ini, Anda bisa memperluas kapasitas penyimpanan di ponsel Anda.

Selain itu Anda juga bisa meminimalisir risiko kehilangan data saat Anda menyimpan data di kartu microSD. Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda memilih kartu microSD untuk smartphone Android Anda.

Tips Memilih MicroSD Yang Tepat

Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda

Pasalnya selain digunakan sebagai media penyimpanan dan juga berguna untuk menginstal aplikasi di ponsel Anda bahkan bisa difungsikan sebagai penopang RAM. Untuk itu Anda perlu memilih microSD dengan kualitas terbaik supaya bisa digunakan secara maksimal. Nah, berikut ini sudah saya rangkum beberapa tips jika Anda ingin membeli dan mendapatkan produk yang berkualitas.

Garansi Resmi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan paling awal saat membeli microSD adalah apakah produk tersebut memiliki garansi resmi atau tidak. Saya punya rekomendasi satu produk yang sudah terbukti kualitasnya, yakni micro SD Vgen.

Namun demikian, untuk hasil yang maksimal Anda perlu memilih produk Vgen yang bergaransi, karena di pasaran banyak sekali dijual produk Vgen yang tidak bergaransi.

Sesuaikan Kapasitas Memori

Selanjutnya Anda perlu menyesuaikan kapasitas memori dengan kebutuhan dan kemampuan ponsel Anda. Setiap ponsel pintar pasti memiliki batas maksimal untuk penambahan microSD. Pada umumnya, smartphone membatasi kapasitas memori eksternal minimal sampai 32 GB. Tapi tak sedikit juga smartphone yang mendukung tambahan microSD mencapai 64 GB atau 128 GB.

Perhatikan Class

Setiap micro SD memiliki class yang berbeda-beda, mulai dari class 6 sampai 10. Semakin tinggi class-nya maka performa memorinya akan semakin maksimal. Tapi jangan heran kalau harganya pun pasti akan lebih mahal. Micro SD Vgen yang biasa dijual dengan harga murah pasti class-nya rendah. Jadi jika Anda ingin micro SD yang digunakan berpengaruh banyak terhadap performa smartphone Anda, pilihlah class terbaik.

Sesuaikan Class dengan Ponsel

Meskipun class cukup mempengaruhi kualitas microSD dan performa smartphone, tapi Anda juga harus mengingat bahwa tidak semua micro SD dengan class tinggi cocok dengan semua jenis smartphone. Terkadang ada smartphone yang justru lebih cocok menggunakan micro SD class rendah atau menengah.

So, itu dia empat tips yang bisa Anda lakukan saat Anda ingin membeli kartu memori untuk smartphone Anda. Tapi perlu Anda pahami, bahwa terkadang dengan class tinggi pun kecepatannya bisa semakin melambat. Hal ini disebabkan karena data yang tersimpan di memori semakin penuh. Sekian tips kali ini mengenai MicroSD dan semoga bermanfaat.

2 Replies to “Tips Memilih MicroSD yang Tepat untuk Smartphone Android Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *