Mau Akselerasi Motor Bertambah? Baca Tips dan Triknya disini!


ZA Campaign

Mau Akselerasi Motor Bertambah Baca Tips dan Triknya disini

Untuk para pecinta dunia otomotif, baik kendaraan roda dua atau roda empat tentu Akselerasi motor dan top speed akan menjadi bagian yang dipikirkan. Apakah ingin menambah akselerasi atau ingin menambah top speed pada kendaraan yang digunakan.

Tentu, dari kedua aspek tersebut kita harus menyesuaikan beberapa faktor mulai dari jalur yang kita lalui sampai dengan komponen pendukung kendaraan yang hendak kita ganti nantinya. Buat gue pribadi, akselerasi menjadi pilihan utama karena memikirkan padatnya kota Jakarta yang tak kunjung reda.

Buat kalian yang memang memilih akselerasi menjadi pilihan utama namun tak ingin banyak ubahan pada kendaraan yang kalian gunakan silahkan disimak beberapa tips dan trik yang saya dapatkan dari teman-teman yang sudah lebih dahulu mengetahui dunia otomotif dan sudah memberikan sarannya buat gue.

Mengganti Gear.

Yups, buat yang ga mau repot untuk mengganti komponen pada kendaraannya, mengganti gear tentu menjadi pilihan awal. Sama seperti gue yang bingung menentukan ingin menggunakan ukuran berapa dan merk mana yang akan terpakai.

Untuk kendaraan saya pribadi yaitu Revo Absolute th. 2012, ukuran standar bawaan dari pabrik adalah 14 untuk depan, 37 untuk belakang. Cara mudahnya adalah, jika kita ingin mencari top speed gantilah gear depan 1 atau 2 tingkat diatasnya. Sedangkan untuk mencari akselerasi, ganti gear Belakang dengan 1 atau 2 tingkat diatasnya.

Karena mencari akselerasi, akhirnya saya memutuskan untuk mengganti bagian belakang menjadi ukuran 39. Namun, sangat disayangkan untuk ukuran tersebut sangat jarang sekali yang cocok dengan motor saya. Akhirnya, saya menggunakan ukuran 38 untuk gear belakang, dan depan tetap 14.

Penyetelan ulang klep.

Klep atau katup atau bisa disebut valve adalah suatu alat atau bagian dari mesin motor yang bersifat dinamis yang terpasang pada kepala silinder. Fungsi katup atau klep adalah untuk membuka dan menutup pintu saluran masuk gas baru dari karburator ke ruang bakar dan silinder (klep IN), sementara klep EX berfungsi untuk membuka dan menutup saluran gas buang.

Kalau saya tidak salah, setelan klep standar pabrikan untuk revo absolute adalah 0,10mm (in & ex) yang menghasilkan tenaga 8,2 dk & torsi 8,99 N.m. Alhasil, setelah mendapat masukan dari salah satu teman facebook yaitu Blake Bayu untuk mengubah menjadi 0,10mm (in) dan 0,12mm (Ex). Hasilnya? Lihat di tabel ini ya!

Settingan Klep Standar Revo Absolute

Source: bladesriwijaya

Penggantian CDI standar.

Penggantian CDI sebenarnya bukan untuk menghilangkan limiter pada mesin motor yang kita gunakan. Banyak yang berkata bahwa, penggantian CDI standar menjadi CDI racing (BRT) akan menghilangkan limit yang ada pada mesin. SALAH! Untuk CDI racing sendiri tetap memiliki limiter untuk menjaga kita tetap aman dalam berkendara, hanya saja tingkat RPM yang diberikan limit menjadi sedikit lebih tinggi.

Sebenarnya, ada 1 hal lagi yang gue lakukan untuk mendapatkan akselerasi yang gue inginkan yaitu melakukan penggantian oli menggunakan oli PCMO. Hal ini udah gue tulis lengkap di artikel gue sebelumnya tentang Pakai Oli Mobil Untuk Motor? Kenapa Tidak! Untuk lebih jelasnya, silahkan dibaca sendiri saja ya.

Sampai saat ini, dengan mengubah 4 hal diatas motor pribadi saya cukup mengalami perubahan yang lumayan. Tarikan motor menjadi lebih enteng, suara mesin tidak terlalu kasar, dan hawa mesin cukup nyaman di kaki kanan dan kiri saya. So, mau coba ikutan? Silahkan. Tidak mau? Ya tidak masalah. Ada yang punya komentar? Langsung komentar aja dibawah ya, sahabat.

KASIH RATE YUK!
4 5
Oleh


2 comments on “Mau Akselerasi Motor Bertambah? Baca Tips dan Triknya disini!

  1. Gan itu penyetelan ulang klep nya kenapa ga ganti Klep In nya aja jadi 0,8 mm ?
    kan berasa di tenaga dan torsi nya juga tuh gann ^^

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *